Sujiwo Tejo Soal Prank YouTube: Masyarakat yang Harusnya Dilaporkan ke Polisi
Selebriti

Sujiwo Tejo membagikan pemikirannya terkait banyaknya YouTuber-Youtuber yang hanya menyuguhkan konten prank. Seperti YouTuber Ferdian Paleka yang saat ini tengah diburu polisi.

WowKeren - Konten prank kembali menghebohkan jagat maya. Kali ini seorang YouTuber bernama Ferdian Paleka berhasil membuat publik geram karena menyuguhkan konten bagi-bagi sembako pada para transpuan. Namun ternyata kotak sembako yang dibagikan Ferdian hanya berisi batu dan sampah.

Meski sudah meminta maaf, Ferdian masih diminta untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya lewat jalur hukum. Hingga saat ini, Ferdian masih menjadi buruan polisi karena berhasil kabur. Namun menurut seniman kenamaan Sujiwo Tejo, masyarakat lah yang harusnya dilaporkan ke polisi.

Menurut Sujiwo Tejo, masyarakat lah yang awalnya menyukai tontonan prank dan tak bisa mendidik anak-anaknya untuk berpikir bahwa hal semacam ini dapat merugikan orang lain. Karena kesukaan masyarakat, maka menjadi suatu kewajaran hingga bermunculan YouTuber yang berlomba membuat konten prank.

"Bukan YouTuber prank itu, tapi masyarakatlah yang harus dilaporkan ke polisi. Ya, kita semua, masyarakat yang suka nonton prank dan yang suka nonton prank tapi tak bisa mendidik anak2nya agar muntah kalau lihat prank," tulis Sujiwo Tejo lewat Twitter yang dibagikan kembali di Instagram pada Selasa (5/5). "Tanpa kita semua, tak mungkin lahir YouTuber-2 prank."


Selain itu, Sujiwo Tejo juga mengkritik pajak untuk buku yang nyaris sama dengan barang-barang komersial lain. Sujiwo berpendapat bahwa faktor tersebut juga membuat literasi masyarakat sangat kurang sehingga tak mampu menyeleksi tontonan di YouTube.

"Pajak untuk buku dan penulis buku juga masih tinggi.. buku nyaris disamakan dengan barang2 komersial lainnya. Akibatnya para penulis jadi malas nulis buku," tulis Sujiwo pada keterangan unggahannya di Instagram. "Kekurangan buku/literasi akan membuat masyarakat gak selektif nonton YouTube. Berarti para pembuat aturan perpajakan harus dipolisikan juga?"

Beberapa artis tampak setuju dengan pendapat Sujiwo Tejo. "Betul sekali," komentar Vanessa Angel. "Bener sekali," tulis Happy Salma.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru