Pertama Kali dalam Sejarah, Ajang Oscar Terpaksa Diundur Akibat Box Office Lumpuh Dihantam Corona
Film

Pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences selaku penyelenggara Oscar memilih memundurkan ajang tersebut ke bulan Mei atau Juni 2021. Ini menjadi yang pertama terjadi selama 93 tahun ajang tersebut digelar.

WowKeren - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, ajang penghargaan tertinggi di dunia film yakni Academy Awards alias Oscar akan dimundurkan selama empat bulan. Pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara Oscar memilih memundurkan ajang tersebut ke bulan Mei atau Juni 2021. Hal ini menjadi yang pertama kali terjadi selama 93 tahun ajang prestisius tersebut digelar.

Pengumuman ini tak lain disebabkan karena adanya pandemi virus corona (COVID-19) yang memberikan dampak buruk bagi sejumlah industri, termasuk perfilman. Bukan hanya berimbas pada gagalnya proses syuting maupun penundaan tanggal rilis sejumlah proyek, beberapa event tahunan pun terpaksa dibatalkan.

Dengan lumpuhnya industri sinema, maka sudah tentu tak ada katalog film selama pandemi berlangsung. Banyak rumah produksi yang memilih memundurkan jadwal tayangnya hingga tahun depan yang mana membuat box office tahun ini jadi lebih sepi dari biasanya.


"Pihak Oscar sudah berbicara soal kapan mereka akan menggelar acara tersebut karena banyak rilis film yang ditunda. Mereka pun memilih untuk memundurkan acara tersebut, yang mana biasanya dilakukan pada 28 Februari menjadi Mei atau Juni. Hal ini membuat film-film yang menunda jadwal tayangnya masih berhak dan dapat masuk ke dalam Oscar," ujar salah seorang sumber dilansir The Sun pada Rabu (13/5).

Sebelum mengeluarkan pengumuman ini, beberapa waktu lalu Oscar juga telah mengubah peraturan mereka dengan memasukan film-film yang dirilis di layanan streaming agar tetap bisa bersaing di ajang tersebut. Seperti yang terjadi pada beberapa film Netflix dan juga "Birds of Prey and the Fantabulous Emancipation of One Harley Quinn" yang diperankan si cantik Margot Robbie.

Sedangkan sejumlah proyek film yang telah dikonfirmasi menunda jadwal tayang di antaranya adalah "Black Widow", "Mulan", "The New Mutants", dan "Antlers" dari Disney, lalu ada "F9" dari Universal Pictures, "A Quiet Place Part II" dari Paramount Pictures, "No Time To Die" dari MGM, "My Spy" dari STX Entertainment, dan "Peter Rabbit 2: The Runaway" dari Sony.

Ada pula sejumlah proyek dari Warner Bros. Pictures yang juga turut menunda jadwal rilis mereka seperti proyek "The Batman" arahan Matt Reeves yang dibintangi oleh Robert Pattinson dan Zoe Kravitz. Lalu ada pula sekuel film "Shazam!", serta proyek "The Flash" yang dibintangi oleh Ezra Miller.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru