Deforestasi Amazon Disebut Bisa Hadirkan Pandemi Baru
AP/Leo Correa
Dunia
Pandemi Virus Corona

Deforestasi di hutan hujan Amazon Brasil disebut berbahaya oleh para ilmuwan. Pasalnya, perambahan hutan yang berlebihan dan menghancurkan habitat hewan bisa menjadi penyebab wabah seperti corona.

WowKeren - Deforestasi di hutan hujan Amazon Brasil menjadi sorotan beberapa waktu terakhir. Pasalnya, area deforestasi di Amazon di tengah pandemi corona justru lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Bahkan menurut data resmi pemerintah dari National Space Research Institute (INPE) Brasil, area deforestasi yang hancur di Amazon pada April 2020 sebanyak 64 persen lebih tinggi daripada April 2019.

Terkait hal ini, Ahli Ekologi Brasil David Lapola pun memperingatkan jika pandemi berikutnya bisa datang dari hutan hujan Amazon. Menurutnya, kegiatan perambahan hutan yang berlebihan dan menghancurkan habitat hewan bisa menjadi penyebab wabah seperti virus corona.

Para peneliti mengatakan proses perubahan daerah yang sebelumnya merupakan kawasan liar menjadi kawasan perkotaan berkontribusi pada kemunculan penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang berpindah dari hewan ke manusia.


Virus corona sendiri diyakini para ilmuwan berasal dari kelelawar, kemudian melalui spesies ketiga, sebelum ditularkan ke manusia di provinsi Hubei, Tiongkok. Lapola mempelajari aktivitas manusia akan membentuk ekosistem hutan tropis di masa depan, termasuk di hutan Amazon.

"Amazon adalah tempat penyimpanan virus yang sangat besar," ujar Lapola dilansir AFP, Jumat (15/5). "Sebaiknya kita tidak menguji keberuntungan kita."

Hutan hujan terbesar di dunia menghilang dalam kurun waktu yang singkat. Tahun lalu ketika Jair Bolsonaro menjalani tahun pertama sebagai Presiden Brasil, penggundulan hutan di Amazon melonjak 85 persen. Lebih dari 10.000 kilometer persegi atau hampir seluas negara Lebanon.

Tren tersebut terus berlanjut pada tahun ini. Dari Januari hingga April, 1.202 kilometer persegi hutan telah dibabat.

Sementara itu, Wakil Presiden Brasil, Hamilton Mourao yang tak ingin negaranya mendapat label negatif dari dunia internasional memutuskan untuk mengerahkan ribuan tentaranya untuk mengamankan hutan hujan Amazon. Hal ini bertujuan untuk mencegah praktik deforestasi atau penggundulan hutan yang disebabkan oleh pembalakan liar maupun kebakaran di saat pandemi virus corona.

(wk/nidy)


You can share this post!

Related Posts