Yuk Antisipasi, Ikuti 7 Tips Ini Untuk Mensterilkan Belanjaan Dari Pasar Ketika Pandemi COVID-19
Kuliner
COVID-19 di Indonesia

Produk yang ditemukan di pasar maupun supermarket mungkin saja sudah disentuh oleh banyak tangan dari orang lain. Walaupun sejauh ini belum ada bukti bahwa COVID-19 dapat menular melalui makanan, namun tidak ada salahnya melakukan antisipasi.

WowKeren - Sejak mewabahnya virus corona (COVID-19), masyarakat sudah dihimbau untuk meningkatkan kebersihan diri mereka. Selain kebersihan diri, masyarakat kini juga lebih memperhatikan kebersihan pangan. Tak hanya meliputi bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan tersebut, cara membersihkan sayuran dan buah-buahan pun turut diperhatikan.

Perlu diperhatikan bahwa produk-produk yang kalian temukan di pasar maupun supermarket mungkin saja sudah disentuh oleh banyak tangan dari orang lain. Hal ini membuat tak ada satu orangpun yang mampu menjamin akan kehigienisannya. Padahal, virus corona ini sangat mudah tertular, terutama melalui sentuhan tangan.


Walaupun sejauh ini belum ada bukti nyata bahwa virus corona dapat tertular melalui makanan, namun tidak ada salahnya melakukan antisipasi. Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum 7 tips membersihkan sayuran serta berbagai jenis bahan makanan lainnya dengan baik dan benar di tengah pandemi corona yang masih mewabah. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Sterilkan Tangan Terlebih Dahulu


Sterilkan Tangan Terlebih Dahulu

Hal pertama yang berlu kalian lakukan sebelum membersihkan belanjaan adalah mensterilkan tangan terlebih dahulu tentunya. Pastikan kalian menjaga kebersihan tangan sebelum mulai atau pulang dari berbelanja. Sebisa mungkin hanya menyentuh barang yang kamu perlukan.

Bersihkan juga pegangan troli yang akan kalian gunakan. Usahakan untuk tidak menggunakan telepon genggam saat berbelanja, namun jika kalian menggunakannya, sesegera mungkin membersihkannya dengan disinfektan. Selain itu, cuci tangan dengan bersih sebelum mulai membersihkan barang belanjaan agar kuman tidak ikut menempel di belanjaan.

2. Bersihkan Permukaan Meja Sebelum Mengeluarkan Belanjaan


Bersihkan Permukaan Meja Sebelum Mengeluarkan Belanjaan

Pastikan di mana pun kalian biasanya membongkar barang belanjaan, tempat itu harus dibersihkan dengan benar terlebih dahulu. Gunakan pembersih antibakteri atau semprotan untuk memastikan area tersebut benar-benar bersih sebelum meletakkan bahan makanan baru kalian di atas meja.

Selain itu, salah satu pilihan lain adalah meninggalkan barang belanjaan di garasi atau teras selama setidaknya 72 jam untuk memungkinkan virus menjadi tidak aktif. Namun jika tidak mungkin, ia menyarankan untuk melakukan teknik steril. Caranya adalah menyiapkan lokasi khusus untuk membersihkan dan menghindari kontaminasi makanan atau pembungkusnya di rumah.

3. Berikan Desifektan Pada Belanjaan Berkemasan


Berikan Desifektan Pada Belanjaan Berkemasan

Setelah dibongkar, bersihkan semua belanjaan kalian yang memiliki kemasan dengan disinfektan sebelum menyimpan bahan makanan. Kalian juga dapat membuang kemasan dan memindahkan makanan ke kantong atau wadah bersih. Jika ingin membersihkan kemasan luar makanan, kalian dapat menggunakan lap disinfektan untuk membersihkan kemasan plastik dan kotak sereal tanpa memindahkan isinya ke dalam wadah lain.

Ahli mikrobiologi makanan Donald W Schaffner mengatakan saat ini belum ada bukti bahwa virus menyebar melalui makanan. Tidak ada bukti juga bahwa virus itu menyebar melalui kemasan makanan. Departemen Pertanian A.S. juga mengatakan bahwa makanan yang ada dalam kemasan makanan relatif aman dari paparan virus.

4. Cuci Buah Dan Sayur Dengan Air Mengalir


Cuci Buah Dan Sayur Dengan Air Mengalir

Jangan coba-coba membersihkan buah atau sayur menggunakan cairan desinfektan. Kalian dapat mencuci buah dan sayuran dengan air mengalir, tetapi jangan gunakan tisu disinfektan. Desinfektan akan membahayakan kesehatan karena jika termakan karena mengandung bahan kimia.

Jika kalian khawatir tentang kontaminasi dari makanan atau kemasan makanan, ahli epidemiologi penyakit menular Julia Markus mengingatkan bahwa mencuci tangan masih merupakan pertahanan terbaik dibanding menggunakan disinfektan.

5. Segera Simpan Belanjaan Di Kulkas


Segera Simpan Belanjaan Di Kulkas

Coronavirus atau bukan, penting untuk segera memasukkan makanan yang mudah busuk di kulkas segera sebelum mereka rusak. Meskipun makanan ini tidak akan menularkan virus corona, penting untuk kalian menyimpannya dengan benar untuk menghindari penyakit bawaan makanan.

6. Bilas Kembali Buah Atau Sayur Saat Akan Dikonsumsi atau Dimasak


Bilas Kembali Buah Atau Sayur Saat Akan Dikonsumsi atau Dimasak

Meski sudah dicuci sebelum disimpan, namun kalian disarankan membilas buah dan sayur sebelum akan dikonsumsi maupun dimasak. Hal ini dilakukan karena dengan pembilasan pertama, belum tentu kotoran dan kuman bisa sudah hilang sempurna.

Maka dari itu, bersihkanlah kembali sayuran dan buah-buahan yang kalian beli ketika akan dikonsumsi atau memasak bahan makanan tersebut. Jangan lupa sebelum memasak kalian juga wajib mencuci tangan ya.

7. Seringlah Membersihkan Permukaan Wadah Makanan


Seringlah Membersihkan Permukaan Wadah Makanan

Selain kebersihan barang belanjaan, kebersihan tempat penyimpanannya juga wajib dijaga. Entah wadah kalian penuh dengan produk segar atau sisa, penting untuk sering-sering membersihkannya. Agar tetap aman, kalian bisa menyeka bagian luar wadah setiap kali mengeluarkannya.

Pastikan juga bahwa kalian memegang makanan dengan benar di lingkungan yang bersih sebelum mengeluarkannya dari wadah. Dengan begitu kebersihan bahan pangan kalian akan tetap terjaga.

You can share this post!

Related Posts