Lakukan 8 Kegiatan Ini Bersama Keluarga Agar Momen Lebaran Terasa Menyenangkan Meski #dirumahaja
SerbaSerbi

Karena Pandemi Corona, lebaran tahun ini terasa sedikit berbeda sebab masyarakat diimbau untuk tidak mudik. Karena itu, lakukan 8 kegiatan ini bersama keluarga inti agar momen lebaran di rumah tetap terasa menyenangkan.

WowKeren - Salah satu tradisi masyarakat Indonesia saat lebaran adalah mudik atau pulang ke kampung halaman. Namun tahun ini masyarakat diimbau untuk tidak mudik demi mencegah penyebarluasan virus Corona. Karena itulah lebaran tahun ini akan terasa sedikit berbeda. Meski demikian, bukan berarti kita tidak bisa menghabiskan waktu lebaran dengan menyenangkan.

Bagi kalian yang tak bisa mudik maupun berwisata, sebaiknya lakukan delapan kegiatan ini saat berlebaran di rumah bersama keluarga inti. Dengan begitu, suasana lebaran akan tetap menyenangkan dan kita pun akan semakin akrab dengan keluarga. Penasaran kegiatan apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Tetap Jaga Silaturrahmi dengan Keluarga Besar Secara Online


Tetap Jaga Silaturrahmi dengan Keluarga Besar Secara Online

Tidak bisa mudik bukan berarti kita memutus tali silaturrahmi dengan keluarga besar. Saat ini hampir semua masyarakat modern sudah memiliki gadget. Karena itulah manfaatkan gadget Anda untuk bersilaturrahmi dengan keluarga besar yang tak bisa Anda temui dalam lebaran tahun ini.

Lakukan panggilan telepon maupun video call dengan kerabat dan keluarga besar Anda. Saat terhubung dengan mereka secara online, Anda bisa melakukan tradisi lebaran seperti biasa. Mulai dari mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri", saling memohon maaf hingga menanyakan kabar masing-masing. Setelah melakukan silaturrahmi virtual dengan keluarga, hubungi juga rekan maupun sahabat Anda.

2. Menonton Film Bersama Keluarga


Menonton Film Bersama Keluarga

Menonton film juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan selama lebaran di rumah. Anda bisa menyaksikan film bertema religi agar suasana lebaran terasa semakin kental. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan genre film lain yang disukai anggota keluarga di rumah. Bebaskan setiap anggota keluarga memilih satu film favorit untuk ditonton bersama secara maraton.

Agar suasananya jauh lebih seru, buat ruang keluarga Anda seakan-akan seperti di dalam bioskop. Matikan semua lampu, tutup tirai dan jendela serta siapkan camilan favorit seperti popcorn untuk dinikmati bersama keluarga. Dengan begitu Anda tak hanya menghabiskan waktu yang menyenangkan, tapi juga semakin akrab dengan keluarga.

3. Memasak Bersama Keluarga


Memasak Bersama Keluarga

Kegiatan menarik berikutnya yang bisa Anda lakukan selama berlebaran di rumah adalah memasak bersama. Anda bisa memasak makanan khas lebaran seperti ketupat maupun makanan favorit anggota keluarga yang lain. Ajak anak dan suami agar kegiatan memasak bersama terasa lebih seru dan menyenangkan.

Selain memasak makanan berat, Anda juga bisa membuat aneka kue kering maupun kue basah. Ajak si kecil berkreasi dalam menghias kue tersebut. Selain membuat Anda dan si kecil lebih akrab, kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengasah otak dan menyalurkan kreativitas mereka.

4. Bermain Game Bareng


Bermain Game Bareng

Aktivitas lain yang tidak kalah seru dilakukan saat lebaran di rumah adalah bermain game bersama anggota keluarga. Anda bisa memainkan beberapa board game populer yang bisa dimainkan orang di segala usia seperti uno dan monopoli.

Jika Anda ingin menghabiskan waktu yang lebih intens dengan keluarga tanpa gadget, sebaiknya lakukan delapan permainan seru ini. Sedangkan bagi Anda yang merayakan lebaran sendiri di tanah rantau, Anda juga bisa memainkan game online di smartphone agar tidak merasa kesepian.

5. Piknik di Halaman Rumah


Piknik di Halaman Rumah

Jika Anda memiliki halaman, pekarangan maupun rooftop yang luas, manfaatkan saja untuk melakukan kegiatan outdoor. Kegiatan ini juga bisa menghilangkan pikiran suntuk akibat terlalu lama berdiam di rumah. Selain itu, kegiatan ini juga bisa Anda manfaatkan untuk berjemur guna mencegah penyebaran virus Corona.

Contoh kegiatan outdoor yang bisa Anda lakukan di pekarangan rumah adalah piknik. Gelar karpet atau pasang tenda jika Anda memilikinya. Siapkan juga berbagai makanan lezat dan sehat untuk dinikmati bersama keluarga. Agar suasananya semakin ceria, Anda bisa memutar lagu-lagu religi maupun memainkan board game bersama pasangan dan anak-anak. Dengan begitu, suasana berkumpul bersama keluarga akan semakin hangat saat lebaran di rumah.

6. Karaoke dan Bertukar Kado


Karaoke  dan Bertukar Kado

Karaoke merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan dan ampuh dalam melepas stres atau penat. Karena itulah kegiatan satu ini juga cocok dilakukan bersama keluarga saat merayakan lebaran di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan mikrofon karaoke portabel dan lagu karaoke tanpa lirik yang banyak tersedia di YouTube.

Selain karaoke, Anda juga bisa bertukar kado dengan anggota keluarga yang lain. Jika biasanya orangtua memberikan amplop lebaran berisi uang kepada anak-anak, tak ada salahnya untuk menggantinya dengan kado. Anda bisa memberikan mereka mainan, peralatan sekolah, pakaian dan masih banyak lagi. Dengan begitu, suasana lebaran akan lebih berkesan dan si kecil akan merasa senang.

7. Membuat Kerajinan Tangan Atau Karya Seni Bersama


Membuat Kerajinan Tangan Atau Karya Seni Bersama

Agar aktivitas Anda dan keluarga lebih bermanfaat saat merayakan lebaran di rumah, Anda bisa mengajak mereka membuat karya seni atau kerajinan tangan bersama. Jika bagi orang dewasa aktivitas ini terasa menyenangkan, bagi si kecil sangat bermanfaat untuk mengasah kemampuan kognitif, motorik halus, sensorik dan bahasanya.

Anda bisa mengajak mereka membuat perabotan dari tanah liat, melukis maupun membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Setelah Anda menyiapkan berbagai bahan yang diperlukan, biarkan si kecil berimajinasi dan menciptakan karya seninya sendiri. Dengan begitu, imajinasinya akan semakin berkembang.

8. Foto Keluarga


Foto Keluarga

Saat lebaran bersama keluarga besar kita biasanya akan menyempatkan waktu untuk berfoto bersama. Meski tahun ini Anda hanya bisa merayakan lebaran dengan keluarga inti, sebaiknya tetap lakukan "tradisi" tersebut untuk mengabadikan momen bahagia lebaran bersama mereka. Agar hasil fotonya lebih menarik, sebaiknya gunakan baju yang seragam dan lakukan berbagai pose yang seru atau kocak.

Demikian delapan kegiatan seru yang bisa Anda lakukan selama merayakan lebaran di rumah bersama keluarga. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai makanan khas lebaran yang nikmat dan lezat. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips agar tetap sehat dan bugar selama lebaran.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait