Situasi Terkini Masjid Istiqlal Kala Tak Gelar Salat Id Karena Pandemi Corona
Nasional
Idul Fitri 2020

Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah jatuh pada Minggu (24/5). Suasana Masjid Istiqlal yang biasanya ramai digunakan Salat Id nampak berbeda sejak Indonesia masih dalam masa pandemi Corona.

WowKeren - Warga Indonesia merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah pada Minggu (24/5). Suasana Lebaran tahun ini tentu berbeda, karena masih diliputi dengan masa pandemi Corona. Tahun ini Masjid Istiqlal tidak menggelar salat Idul Fitri, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dilansir dari DetikNews pada pukul 06.45, suasana di masjid Istiqlal nampak sepi. Bahkan akses menuju masjid pun telah ditutup.


Bukan hanya itu, pintu gerbang utama tampak dikunci dan dirantai. Ada satu orang petugas yang menjaga pintu gerbang tersebut.

Di depan pintu masjid pun ada tanda dilarang masuk disertai garis kuning. Tak terlihat aktivitas apapun di dalam masjid.

Sementara itu, di halaman masjid masih ada petugas yang berkeliling menggunakan sepeda motor. Begitu juga dengan suasana tempat parkir yang begitu sepi.

Masjid Istiqlal Tak Gelar Salat id

Foto: Kadek/detikcom

Proyek renovasi masjid juga tidak berjalan pada pagi hari ini. Masjid Istiqlal benar-benar memperlihatkan suasana sunyi dan sepi.

Walau demikian, masih ada beberapa pedagang yang berualan di luar masjid. Mereka tetap mencoba mengais rezeki meski masjid Istiqlal ditutup.

Seperti diketahui, sejak pertengahan April Masjid Istiqlal memang sudah meniadakan salat Tarawih berjemaah serta buka puasa bersama Ramadan karena virus Corona (COVID-19) yang masih mewabah. Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar mengajak umat Islam untuk beribadah di rumah.

Sebelumnya, Masjid Istiqlal menyambut awal bulan Syawal dengan malam takbiran secara virtual bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Takbir Akbar secara virtual tersebut pertama kali dilakukan sepanjang sejarah Masjid Istiqlal. Masyarakat Indonesia pun dapat dengan mudah ikut menyaksikan perisitiwa "bersejarah" itu dari rumah.

(wk/tria)

You can share this post!

Related Posts