Bisa Bikin Makin Jerawatan, Intip 7 Perawatan Wajah Yang Harus Dihindari Untuk Kulit Berminyak
Lifestyle

Produksi minyak ini dipengaruhi oleh banyak hal termasuk faktor hormon dan genetik. Namun meski begitu, ada berbagai pantangan yang harus dihindari jika kalian memiliki wajah berminyak agar tak semakin memperburuk kondisi wajah.

WowKeren - Kulit wajah berminyak adalah salah satu jenis kulit yang sering mengalami masalah. Dalam kondisi ini, memungkinkan seseorang mengalami masalah jerawat. Meski terjadi secara alami, kulit wajah yang penuh jerawat akan merusak penampilan sehingga akan menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Kulit berminyak sendiri terjadi akibat kelenjar minyak (sebaceous) yang berada di bawah permukaan kulit manusia terlalu banyak menghasilkan sebum atau minyak. Sebum ini dihasilkan dari lemak tubuh dan bermanfaat untuk melembabkan kulit, tetapi apabila produksinya terlalu banyak maka akan menyumbat pori-pori sehingga akan muncul jerawat, komedo, kulit kusam dan noda hitam.

Produksi minyak ini dipengaruhi oleh banyak hal termasuk faktor hormon dan genetik, sehingga hal ini tidak bisa dihilangkan. Namun meski begitu, ada berbagai pantangan yang harus dihindari jika kalian memiliki wajah berminyak agar tak semakin memperburuk kondisi wajah. Apa saja itu? Berikut tim WowKeren rangkum hal tersebut. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Hindari Produk Mengandung Alkohol


Hindari Produk Mengandung Alkohol

Produk berbahan dasar alkohol seperti toner memang dapat menghilangkan kelebihan minyak di kulit wajah. Namun, produk ini juga terkadang bisa membuat kulit menjadi sangat kering. Wajah kering ini malah akan membuat kelenjar minyak bekerja lebih keras untuk memproduksi lebih banyak minyak agar kulit tetap lembut.

Akibatnya, minyak berlebih ini kemudian terperangkap di wajah. Saat kulit berminyak dipenuhi oleh bakteri maka bukan tidak mungkin jerawat akan tumbuh dengan subur dan mengiritasi wajah. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak menggunakan berbagai produk berbahan dasar alkohol ya.

2. Jangan Gunakan Minyak Kelapa


Jangan Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang memiliki banyak manfaat, tetapi tidak untuk kulit. Sebenarnya, penggunaan minyak kelapa murni tidak disarankan untuk semua jenis kulit karena sangat pekat dan juga komedogenik. Komedogenik merupakan istilah untuk bahan yang memicu komedo pada pori-pori.

Apalagi untuk wajah berminyak, minyak kelapa sangat tidak disarankan sebagai perawatan wajah. Minyak kelapa mampu menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan komedo yang bisa berujung jerawat. Untuk itu, sebaiknya hindari produk perawatan kulit wajah yang mengandung minyak kelapa.

3. Jangan Membersihkan Wajah dengan Creamy atau Milk Cleanser


Jangan Membersihkan Wajah dengan Creamy atau Milk Cleanser

Jika kalian memiliki wajah berminyak, ada baiknya kalian menghindari creamy atau milk cleanser. Pasalnya, produk milk cleanser atau cleanser bertekstur creamy sebetulnya dirancang untuk pemilik kulit kering karena kaya akan kandungan pelembap.

Produk ini baiknya tidak digunakan oleh pemilik kulit berminyak sebab formulanya yang berat dapat membuat wajah semakin tampak berminyak. Sebaiknya, gunakan produk cleanser bertekstur gel atau liquid yang memiliki formula lebih ringan.

4. Hindari Produk Yang Mengandung Minyak Mineral


Hindari Produk Yang Mengandung Minyak Mineral

Minyak mineral adalah turunan dari petroleum atau bahan bakar fosil yang biasa disebut dengan minyak bumi. Minyak ini memiliki nama lain yaitu paraffin oil atau petroleum oil. Sementara itu, pertolatum atau petroleum jelly adalah turunan mineral oil yang memiliki struktur lebih padat seperti lilin.

Minyak mineral pada dasarnya cocok digunakan jika kalian memiliki kulit yang sangat kering. Namun, jika kalian memiliki kulit berminyak sebaiknya hindari penggunaan bahan yang satu ini karena akan membuat kulit semakin berminyak. Akibatnya, pori-pori wajah akan tersumbat hingga menyebabkan jerawat menjadi semakin parah.

5. Hindari Mencuci Wajah Secara Berlebih


Hindari Mencuci Wajah Secara Berlebih

Terlalu sering membersihkan wajah juga tidak baik untuk kulit karena bisa mengganggu pH kulit. Khususnya untuk kalian yang memiliki wajah berminyak, cukup membersihkan wajah ketika pagi, malam dan setelah kamu merasa sangat berkeringat.

Menggunakan sabun tinggi sulfaktan juga akan mengganggu keseimbangan kulit sehingga produksi minyak justru meningkat. Setelah itu jangan lupa memakai pelembap wajah yang cocok ya, tentunya dengan bahan dasar air.

6. Kurangi Penggunaan Make Up


Kurangi Penggunaan Make Up

Tak sedikit pemilik kulit wajah berminyak yang memilih berdandan tebal demi menyelamatkan wajah dari kilap. Padahal penggunaan makeup tebal justru dapat memperparah kondisi kulit berminyak. Terlebih ketika kalian tidak sempurna dalam membersihkan makeup, pori-pori dapat tersumbat sehingga menimbulkan masalah kulit baru, seperti jerawat.

Selain itu ketika memakai makeup dalam waktu yang lama, hindari melakukan re-touch pada makeup. Hal ini karena hal tersebut justru akan menumpuk makeup dan menyumbat pori-pori yang bisa membuat wajah makin berminyak ke depannya. Selalu bawa face blotting paper dalam tas kamu untuk jadi penyelamat daripada re-touch ya.

7. Hindari Makanan Berlemak Tinggi


Hindari Makanan Berlemak Tinggi

Selain apa yang kamu pakai di wajah, ternyata makanan juga memiliki pengaruh besar. Coba kurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak atau melalui proses penggorengan. Bagi pemilik kulit berminyak dan rentan berjerawat, konsumsi makanan berlemak sebaiknya dikurangi karena dapat memperparah kondisi kulit.

Hal ini karena jenis makanan yang satu ini membuat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak sehingga kulit akan menjadi semakin kilap dan lebih mudah berjerawat. Mulai perbanyak juga konsumsi air putih dan buah-buahan yang kaya air.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait