Viral Bus Patas Jakarta-Surabaya 'Rombak' Interior Sesuaikan New Normal COVID-19
SerbaSerbi
Skenario New Normal COVID-19

Untuk menyesuaikan penerapan hidup new normal di tengah pandemi COVID-19, sejumlah bus patas memiliki desain khusus sehingga cocok untuk physical distancing.

WowKeren - Pemerintah Indonesia kini sedang bersiap untuk menerapkan kehidupan new normal di tengah pandemi viirus corona (COVID-19). New normal pun kabarnya akan diuji coba untuk diterapkan di sejumlah daerah, seperti DKI Jakarta.

Meski new normal belum resmi diterapkan, sejumlah tipe bus patas termasuk tujuan Jakarta-Surabaya sudah dirombak desain interiornya. Kondisi dalam bus patas yang biasanya terdiri dari dua kursi penumpang di kanan-kiri kini berubah total. Pasalnya penumpang kini bisa duduk sendiri di satu kursi untuk menerapkan physical distancing.


Photo-INFO

Twitter

Menariknya, kursi penumpang juga ditambahkan di atasnya seperti desain hotel kapsul. Penumpang pun tak perlu khawatir lantaran kursi didesain memanjang, sehingga kaki bisa diluruskan ke depan. Namun penumpang yang duduk di kursi atas harus memanjat di pijakan yang terdapat di samping kursi bawahnya.

Kendati begitu, penampilan bus patas tersebut terlihat nyaman karena ada fasilitas lain seperti layar televisi di tiap punggung kursi serta toilet. "Bus patas Jakarta Surabaya type terbaru. Sdh dipakai sistem baru yaitu NEW NORMAL (physical distancing) diterapkan itu..." tulis akun Twitter @elang0606 saat mengunggah video penampakan bus patas tersebut pada Selasa (26/5).

Video desain baru bus patas tujuan Jakarta-Surabaya yang diunggah akun tersebut sukses menarik perhatian netizen dan menjadi viral. Rupanya beberapa tipe bus yang sesuai untuk new normal tersebut diproduksi oleh perusahaan Karoseri Laksana, serta sudah dioperasikan sebelum pandemi COVID-19 muncul.

"Itu bus Suite Class produksi karoseri Laksana, uda di operasikan beberapa PO Bis sebelum pandemic corona," bunyi penjelasan akun Twitter @rectoversa saat mengomentari video tersebut. "Disain interior Bis ini emang cocok utk Physical Distancing. Sinar Jaya (Jkt-Sby), Shantika (Jepara-Jkt/Banten), Tami Jaya (Jogja-Bali)."

Photo-INFO

Twitter

Para netter pun menyambut baik adanya bus patas yang bisa menyesuaikan dengan kondisi new normal tersebut. Meskipun demikian, masih banyak yang mempermasalahkan soal sulitnya naik ke kursi bagian atas karena harus berpijak.

"Keren banget bus nya," puji netter. "Wah mantap. Perlu diapresiasi nih kreativitas pelaku usaha," imbuh netter. "Keren sich cumaaaaaa Kalau kaya gw gimana manjatnya y??? ..seandainya ada yg lagi bunting ngidam naik yg atas siapa yg akan bopong y," seru lainnya.

"Bagus tp utk naik ke kursi yg bagian atas agak repot ya apalagi utk penumpang perempuan yg pakai rok.. Harus disempurnakan lg desainnya," komentar netter. "Naik dan turunnya susah ya, bisa kepleset. Terus emergency exitnya gimana ?" sahut netter lain.

(wk/evaa)

You can share this post!

Related Posts