Sahrul Gunawan Kebingungan Didesak Kembalikan Uang Jemaah Menyusul Keputusan Pembatalan Haji 2020
Instagram/sahrulgunawanofficial
Selebriti

Sahrul Gunawan selaku pemilik travel umrah diminta mengembalikan uang calon jemaah haji yang batal berangkat tahun ini. Diketahui sebelumnya pemerintah telah resmi membatalkan ibadah haji karena pandemi Corona.

WowKeren - Dalam konferensi pers virtual Selasa (2/6) kemarin, Kemenag resmi meniadakan pelaksanaan haji 2020 menyusul masih merebaknya wabah virus Corona (Covid-19), baik di Indonesia maupun Arab Saudi. Keputusan tersebut berdampak pada bisnis travel umrah yang dikelola oleh aktor Sahrul Gunawan.

Pembatalan haji tersebut tentu saja membuat bisnis Sahrul merugi. Namun bukan secara finansial, aktor berusia 44 tahun ini kini kebingungan memberikan penjelasan pada calon jemaah haji.

"Bukan yang rugi harus mengganti uang jamaah, lebih kepada pengelolaan saja," kata Sahrul pada Selasa (2/6) seperti dilansir dari Suara. "Jadi membingungkan, kita juga didesak untuk mengembalikan uang (pada calon Jemaah Haji)."

Sahrul mengaku sudah menyetorkan uang jemaah haji ke berbagai vendor. Namun kini para calon jemaah meminta uang tersebut dikembalikan.

"Maskapai, visa, hotel, dan keperluan Jamaah selama di sana sudah kami urus," sambung Sahrul. "Sekarang kalau mereka minta dikembalikan, kita sebagai penyelenggara harus kemana? Karena kantor pun pada tutup. Itulah yang membingungkan."

Dengan fakta di lapangan yang tidak memungkinkan, terlebih banyak kantor yang sudah tutup karena pandemi Corona, Sahrul pun kebingungan mengembalikan uang jemaah. "Saya pun kalau memiliki kelebihan finansial, bisa mengganti. Tapi kan kenyataannya tidak bisa semudah ini," lanjutnya.


Sahrul menceritakan bahwa ia didesak beberapa jemaah untuk mengembalikan uang yang sudah disetor. Namun ia menjelaskan pengembalian uang tersebut tidaklah mudah.

"Ada satu dua orang yang protes, minta uang mereka balik. Tapi kan uang itu sudah disetorkan kepada vendor seperti maskapai, hotel dan lainnya," ungkap Sahrul. "Kalaupun mau dikembalikan, nggak bisa secepat itu."

Sesuai kebijakan pemerintah, calon jemaah haji yang tahun ini tidak berangkat, kemungkinan bisa melaksanakannya tahun depan. Sahrul pun optimis dengan kebijakan itu. "Jadi jamaah yang tahun ini tidak bisa berangkat, jangan khawatir. Insya Allah ada jalannya," katanya.

Ia juga memastikan uang yang disetor pada jemaah haji bisa dipertanggungjawabkan sampai mereka berangkat nanti. "Saya merasa aman, karena juga menggunakan vendor yang insya Allah terpercaya. Kalau kita (berpikiran) positif, tenang aja. Udah ikutin, Bismillah, insya Allah bisa (berangkat haji)," tuturnya.

Mantan kekasih dari Intan Nuraini ini pun terpaksa menangguhkan keberangkatan ribuan jemaah haji yang berangkat ke Tanah Suci. "Totalnya ada 2.225, kalau travel saya tahun ini kuota hajinya tidak banyak. Hanya sekitar 40 orang, sisanya jamaah umroh," jelasnya.

Walau demikian, Sahrul menilai keputusan pembatalan haji 2020 tersebut sudah sangat tepat. Terlebih menurutnya calon jemaah haji yang berangkat berusia lanjut, yang termasuk golongan rentan terinfeksi Corona.

"Kasus virus corona di Indonesia cukup tinggi, apalagi yang berangkat haji sudah lansia," papar Sahrul. "Daripada terjadi hal yang tidak diinginkan, saya rasa keputusan ini lebih baik."

(wk/tria)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait