Imbas Pandemi COVID-19, Pengangguran di Inggris Melonjak 126 Persen
Dunia

Kantor Statistik Nasional Inggris mencatat adanya lonjakan tingkat pengangguran hingga 126 persen akibat pandemi COVID-19. Total pengangguran Inggris sejak Maret hingga Mei 2020 mencapai 2,8 juta orang.

WowKeren - Wabah corona (COVID-19) memberikan pukulan keras pada sektor ekonomi dunia. Pasalnya, banyak perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sehingga menyumbang angka pengangguran.

Di Inggris sendiri, Kantor Statistik Nasional setempat mencatat adanya lonjakan tingkat pengangguran hingga 126 persen akibat pandemi COVID-19. Total pengangguran Inggris sejak Maret hingga Mei 2020 mencapai 2,8 juta orang.

Dilansir AFP, Selasa (16/6), kenaikan pengangguran itu sejalan dengan kebijakan lockdown yang diterapkan oleh pemerintah setempat. Kebijakan itu membuat sebagian besar bisnis di Inggris tutup.

Sementara, jumlah lowongan pekerjaan di Inggris juga merosot hingga ke level yang paling rendah akibat perlambatan aktivitas ekonomi. Inggris memberlakukan lockdown mulai 23 Maret 2020 kemarin lantaran jumlah kasus positif virus corona meningkat signifikan.


Pemerintah Inggris mulai melonggarkan lockdown bulan ini seiring dengan melambatnya kasus corona di negara tersebut. Di samping itu, Departemen Keuangan Inggris memaparkan bahwa 9,1 juta pekerja dibayar melalui skema cuti. Dengan kata lain, jutaan pekerja itu dirumahkan oleh perusahaan sehingga tak mendapatkan gaji seperti biasanya.

Ekonom berpendapat tak ada yang tahu secara pasti kapan penyebaran virus corona akan berakhir. Sementara, industri harus mulai berkontribusi pada Agustus 2020 demi menjaga ekonomi.

"Mereka yang cuti (dirumahkan) tidak muncul dalam statistik pengangguran," papar Ekonom City Index Fiona Cincotta. "Ini kenapa tingkat pengangguran di Inggris tetap rendah meski PDB Inggris menyusut 20,4 persen pada April 2020."

Namun, Cincotta mewanti-wanti tingkat pengangguran di Inggris akan melonjak dalam beberapa bulan ke depan. Menurutnya, skema merumahkan karyawan hanya akan menunda kenaikan tingkat pengangguran lebih signifikan lagi. "Jangan salah, tingkat pengangguran Inggris akan melonjak," pungkasnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait