Brasil Catat Rekor 34 Ribu Kasus COVID-19 dalam Sehari
AP
Dunia

Angka kematian yang dilaporkan di Brasil juga turut bertambah. Kini Brasil berada di posisi kedua sebagai negara dengan jumlah kasus COVID-19 tertinggi setelah Amerika Serikat.

WowKeren - Brasil mencatat lebih dari 34 ribu kasus baru virus corona (COVID-19) dalam 24 jam terakhir. Penambahan kasus baru ini menjadi rekor lonjakan harian tertinggi COVID-19 di negara tersebut.

Kementerian Kesehatan Brasil melaporkan sebanyak 34,918 kasus baru yang terkonfirmasi pada Rabu (17/6) waktu setempat. Angka ini menambah total positif COVID-19 menjadi lebih dari 960 ribu kasus yang terkonfirmasi.

Seiring melonjaknya kasus COVID-19 di Brasil, angka kematian yang dilaporkan di negara tersebut juga turut bertambah. Jumlah kematian baru mencapai 1,282 sehingga total keseluruhan mencapai lebih dari 46 ribu.

Jumlah ini terungkap setelah Brasil kembali membuka data kasus corona di negara tersebut. Diketahui, sejak 8 Juni lalu Kementerian Kesehatan Brasil mengatakan pihaknya akan kembali mengungkap data kasus COVID-19 per harinya usai menuai kritik dari beragam pihak lantaran sempat berhenti mengumumkan jumlah kasus.


Kini Brasil berada di posisi kedua sebagai negara dengan jumlah kasus COVID-19 tertinggi setelah Amerika Serikat. Hingga berita ini dirilis, Brasil memiliki 960,309 kasus COVID-19, dengan sebanyak 46,665 kematian dan 503,507 pasien berhasil sembuh.

Namun pihak Kemenkes Brasil mengatakan metodologi dan penghitungan data hanya akan tersedia di situs resmi kementerian. Data dari Kementerian Kesehatan sendiri merupakan sumber yang digunakan untuk menghitung statistik virus secara nasional.

Seperti yang diketahui, awal bulan ini kementerian menunda penghitungan angka terjangkit dan kematian harian sekitar dua jam setengah, sebelum pukul 22.00 waktu setempat. Selanjutnya kementerian mulai berhenti menerbitkan jumlah total kematian dan terjangkit. Pemerintah hanya merilis angka kasus selama 24 jam terakhir dari negara yang memiliki populasi 212 juta orang tersebut.

Sebagai informasi tambahan, Kementerian kesehatan Brasil saat ini dijalankan oleh seorang menteri sementara, setelah dua menteri pendahulunya digulingkan saat pertengahan pandemi setelah mengalami perselisihan dengan Presiden Jair Bolsonaro.

Sedangkan secara global pandemi virus corona telah menginfeksi lebih dari 8,3 juta jiwa di seluruh dunia. Angka kematian akibat virus ini mencapai lebih dari 450 ribu, dan pasien sembuh menyentuh angka 4,4 juta jiwa. Saat ini, kasus aktif COVID-19 dilaporkan mencapai 3,536,880 pasien.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait