Terpaksa Menggunakan Toilet Umum Saat New Normal? Ikuti 7 Tips Ini Agar Terhindar dari Virus Corona
SerbaSerbi

Menggunakan toilet umum mungkin sesuatu yang sulit dihindari ketika kita kembali beraktivitas di era new normal. Agar selalu terhindar dari virus Corona, sebaiknya selalu terapkan 7 tips ini saat menggunakan toilet umum.

WowKeren - Beberapa daerah di Indonesia sudah mulai memasuki masa transisi new normal. Oleh karena itulah sejumlah ruang publik mulai dibuka, kegiatan masyarakat di luar rumah pun kembali dijalankan secara perlahan.

Ketika beraktivitas di luar rumah, rasa khawatir akan tertular virus Corona mungkin tak bisa dihindari. Terutama jika kita harus menggunakan berbagai fasilitas publik, salah satunya adalah toilet umum. Pasalnya toilet umum merupakan salah satu tempat yang menjadi sarang kuman, bakteri maupun virus.

Jika kamu terpaksa menggunakan toilet umum saat beraktivititas di luar di era new normal, sebaiknya tetap tenang dan jangan khawatir berlebihan. Sebab ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi risiko tertular virus Corona. Penasaran apa sajakah itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Selalu Terapkan Protokol Kesehatan COVID-19


Selalu Terapkan Protokol Kesehatan COVID-19

Menerapkan protokol kesehatan COVID-19 harus selalu kamu lakukan saat Pandemi Corona, terutama ketika beraktivitas di luar rumah. Saat menggunakan toilet umum, pastikan untuk selalu menggunakan masker untuk melindungi diri sendiri dan juga orang lain agar tidak sampai tertular virus Corona.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa alat perlindungan lainnya seperti face shield, topi hingga kacamata. Usahakan juga untuk menggunakan pakaian lengan panjang untuk menghindari kontak kulit dengan orang lain saat berada di toilet umum. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir penyebaran virus Corona dengan lebih baik.

2. Tetap Jaga Jarak Saat Sedang Antre


Tetap Jaga Jarak Saat Sedang Antre

Apabila kondisi toilet sedang penuh, alangkah baiknya untuk menunggu sampai sepi. Tapi jika kamu benar-benar ingin menggunakan toilet, pastikan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain sejauh dua meter dan tertib mengikuti antrean. Tidak hanya itu, usahakan juga untuk sabar menunggu sampai orang lain benar-benar selesai dan jangan terburu-buru masuk ke dalam toilet.

Khusus untuk laki-laki, sebaiknya gunakan bilik toilet alih-alih urinoar. Tapi jika situasinya tidak memungkinkan, pastikan untuk selalu menjaga jarak dengan tertib. Dengan bersikap waspada dan hati-hati, kamu bisa menurunkan risiko tertular virus asal Wuhan tersebut.

3. Cek Kebersihan Toilet dan Gunakan Tisu Sekali Pakai Untuk Dudukan Toilet


Cek Kebersihan Toilet dan Gunakan Tisu Sekali Pakai Untuk Dudukan Toilet

Sebelum menggunakan toilet, usahakan untuk memilih toilet yang paling bersih dengan cara mengecek kondisinya terlebih dahulu. Apakah ada petugas yang membersihkannya, adakah cairan disinfektan, sabun maupun handuk kertas. Lihat juga kondisi tong sampahnya. Jika sampai penuh dan meluap, artinya toilet itu digunakan banyak orang selama beberapa waktu dan belum sempat dibersihkan. Sebaliknya, jika kamu menemukan toilet yang sudah sesuai dengan standar kebersihan, maka kamu bisa menggunakannya dengan hati-hati.

Selain itu, usahakan untuk selalu menggunakan tisu sekali pakai guna membersihkan dudukan toilet. Jika menginginkan perlindungan ekstra, kamu bisa menggunakan tisu tersebut sebagai pelapis agar kulitmu tidak bersentuhan langsung dengan dudukan toilet. Langkah ini sangat bermanfaat untuk mencegah bersentuhan langsung dengan aerosol bekas pemakai toilet sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir penyebaran virus Corona saat menggunakan WC duduk di toilet umum.

4. Jangan Menyentuh Secara Langsung Benda di Toilet


Jangan Menyentuh Secara Langsung Benda di Toilet

Tips penting berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah hindari menyentuh secara langsung benda yang sering disentuh orang di toilet umum. Seperti gagang pintu, dudukan toilet, flusher, kran wastafel, alat pengering hingga dispenser handuk kertas.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan perantara saat hendak menyentuhnya seperti sarung tangan, handuk kertas maupun tisu. Dengan mengurangi sentuhan terhadap benda-benda yang kemungkinan terkontaminasi, kamu bisa memperkecil risiko tertular virus Corona. Selain itu, pastikan untuk tidak menyentuh wajah sebelum mencuci tangan dengan bersih ya.

5. Selalu Mencuci Tangan Sebelum dan Setelah Menggunakan Toilet


Selalu Mencuci Tangan Sebelum dan Setelah Menggunakan Toilet

Menjaga kebersihan tangan merupakan hal yang paling penting diperhatikan agar kita terhindar dari virus Corona. Begitupun ketika kamu sedang menggunakan toilet umum di era new normal. Biasakan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik sebelum dan sesudah menggunakan toilet.

Dengan begitu, kebersihan tangan akan senantiasa terjaga dan kamu bisa terhindar dari bakteri, kuman maupun virus yang ada di toilet. Setelah mencuci tangan, pastikan untuk selalu mengeringkannya dengan benar menggunakan tisu.

6. Selalu Sedia Tisu Kering, Tisu Basah dan Hand Sanitizer


Selalu Sedia Tisu Kering, Tisu Basah dan Hand Sanitizer

Beberapa toilet umum biasanya menyediakan tisu kering yang dapat digunakan setelah mencuci tangan. Namun alangkah baiknya jika kamu membawa tisu kering sendiri untuk mengurangi bersentuhan dengan berbagai benda di dalam toilet.

Selain tisu kering, usahakan juga untuk selalu membawa tisu basah dan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen saat pergi ke toilet umum. Dua benda penting ini dapat kamu gunakan untuk membersihkan tangan guna berjaga-jaga jika ketersediaan air bersih di toilet umum sangat terbatas.

7. Kurangi Penggunaan Hand Dryer


Kurangi Penggunaan Hand Dryer

Setelah mencuci tangan dan saat akan meninggalkan toilet biasanya kita akan menggunakan hand dryer untuk mengeringkan tangan. Namun sebaiknya hindari dulu kebiasaan ini di tengah Pandemi Corona, karena kita tidak tahu apakah alat tersebut sudah steril atau belum. Lebih baik gunakan tisu yang kamu bawa sendiri saja untuk mengeringkan tangan karena lebih aman dari kontaminasi bakteri, kuman maupun virus yang ada di toilet umum.

Demikian tujuh tips menggunakan toilet umum di era new normal yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips jalan-jalan di mal saat new normal. Selain itu, bagi kalian yang ingin menggelar resepsi pernikahan di era new normal, sebaiknya simak beberapa tips ini.

You can share this post!

Related Posts