Gelombang II COVID-19 Mulai Menyerang, Jerman Tutup 2 Distrik Ini
Dunia
Pandemi Virus Corona

Jerman kembali me-lockdown dua distriknya Guetersloh dan Warendorf yang terletak di wilayah barat, usai muncul klaster baru COVID-19 di rumah pemotongan hewan dan pabrik daging.

WowKeren - Gelombang kedua pandemi corona (COVID-19) bukanlah isapan jempol belaka. Pasalnya, sejumlah negara seperti Tiongkok, Korea Selatan hingga Jerman saat ini mulai mengalaminya.

Jerman merupakan negara yang dianggap paling sukses untuk memekan wabah COVID-19 di Eropa. Namun, negara tersebut harus melakukan lockdown pada kedua distriknya lantaran muncul kasus baru virus corona.


Lockdown tersebut dilakukan di Guetersloh dan Warendorf yang terletak di Jerman barat. Penguncian ini disebabkan munculnya klaster baru di rumah pemotongan hewan dimana 1.500 karyawan dinyatakan positif COVID-19.

"Untuk pertama kalinya di Jerman, kami akan mengembalikan seluruh distrik ke langkah-langkah yang diterapkan beberapa minggu lalu," kata Armin Laschet, Perdana Menteri Negara bagian Rhine-Westphalia Utara saat mengumumkan langkah-langkah untuk Guetersloh dilansir AFP.

Penguncian wilayah sendiri akan diberlakukan hingga 30 Juni 2020 mendatang. Setidaknya ada 360.000 orang terpengaruh kebijakan ini di Guetersloh dan 278.000 orang di Warendorf.

Sebelumnya, Jerman telah melakukan pelonggaran lockdown sejak awal Mei. Namun COVID-19 ditemukan di pabrik daging Toennies yang memperkerjakan 7.000 orang pekan lalu.

Pihak berwenang setempat di seluruh Jerman setuju untuk kembali menarik "rem darurat" jika infeksi meningkat di atas 50 kasus per 100.000 penduduk selama seminggu di distrik tertentu.

Sementara itu, di Guetersloh, kasus melonjak 263 kasus per 100.000 penduduk. Lockdown membuat aktivitas sekolah kembali dihentikan termasuk pembukaan bioskop, museum, bar, dan kolam renang yang sudah dilakukan.

Dari data Worldometers sendiri menyebutkan, Jerman mencatat 659 kasus baru pada Selasa (23/6) kemarin. Jumlah kasus sekarang sebanyak 192.778 dengan total kematian 8.986 orang.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts