Pertama Kali dalam Sejarah, CIA Rekrut Anggota Baru Lewat Siaran Streaming Akibat Corona
SerbaSerbi

Menurut juru bicara CIA, Nicole de Haay, sebelumnya badan intelijen AS tersebut selalu merekrut anggota baru dengan metode tradisional, seperti pameran kerja maupun jalur rekomendasi.

WowKeren - Badan intelijen Pusat Amerika Serikat alias Central Intelligence Agency (CIA) untuk pertama kalinya menggunakan layanan tayangan langsung (streaming) di dunia maya untuk merekrut anggota baru.

Lewat layanan streaming tersebut, CIA menyiarkan iklan pencarian anggota baru untuk warga AS berusia 18 tahun sampai 35 tahun. "Hanya butuh satu hal yang baru dari intelijen asing dan semuanya dapat berubah dengan cepat," kata seorang anggota CIA ke calon anggota baru. "Rintis karier di CIA dan mengabdi untuk negara lebih banyak daripada yang pernah kalian impikan."

Menurut juru bicara CIA, Nicole de Haay, pengumuman rekrutmen itu diunggah ke dunia maya setelah ada aturan jaga jarak saat pandemi COVID-19. Sebelumnya, CIA selalu merekrut anggota baru dengan metode tradisional. "CIA biasanya merekrut anggota baru dari para mahasiswa lewat metode 'tradisional' seperti pameran kerja," tuturnya.


CIA mengatakan pihaknya telah memotong durasi iklan sebanyak 15 detik sampai 90 detik pada iklan perekrutannya yang disiarkan di layanan streaming di AS. Lebih dari 70 persen penduduk AS berlangganan setidaknya satu penyedia tayangan langsung seperti Hulu, Netflix, dan Amazon Prime, demikian hasil riset Leichtman Research Group.

Meskipun sasaran CIA adalah anak muda berusia 18-35 tahun, seluruh calon pendaftar yang potensial akan turut dipertimbangkan, kata de Haay menambahkan.

Sementara itu, Direktur CIA, Gina Haspel, dalam sambutannya di Auburn University tahun lalu mengatakan bahwa pihaknya telah merekrut anggota terbaik sejak 10 tahun terakhir, dan ia berniat membuat lembaganya menjadi badan pemerintah pilihan seluruh warga AS dengan cara menyiarkan iklan perekrutan secara terbuka di saluran streaming.

Hal serupa juga dilakukan oleh beberapa badan intelijen lain yang bermitra dengan CIA seperti MI5 dan MI6 di Inggris yang biasanya merekrut anggota baru lewat jalur rekomendasi, tetapi belum lama ini lembaga tersebut mulai menjaring anggota baru lewat dunia maya.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru