100 Hari Bebas Corona, Vietnam Kini Kembali Laporkan 1 Kasus Positif Baru
Getty Images
Dunia
Pandemi Virus Corona

Vietnam sudah terbebas dari kasus positif COVID-19 selama 100 hari. Namun pada Sabtu (25/7) negara itu mengonfirmasi satu kasus positif baru akibat transmisi lokal yang masih diselidiki asalnya.

WowKeren - Vietnam dikenal sebagai salah satu negara yang berhasil mengendalikan kasus COVID-19. Sebagai pengingat, negara itu bergegas mengambil kebijakan untuk me-lockdown negaranya demi mencegah penularan lebih luas.

Dan usai 100 hari benar-benar terbebas dari COVID-19, kini Vietnam kembali mengonfirmasi 1 kasus positif baru. Dilaporkan kasus ini dikonfirmasi pada Sabtu (25/7) dan merupakan transmisi lokal.

Kasus baru itu disebut sebagai Pasien 416 dan terjadi pada seorang pria berusia 57 tahun yang merupakan pensiunan di Danang, Vietnam. Kasus transmisi lokal terakhir yang dilaporkan Vietnam sendiri terjadi pada 16 April 2020 silam.

Usai mengonfirmasi Pasien 416 ini, pemerintah Vietnam pun bergegas melakukan pengujian terhadap 105 orang yang sudah melakukan kontak dekat dengan pria tersebut. Hal ini disampaikan oleh Kementerian Kesehatan Vietnam melalui laman resminya.

Terkait dengan darimana sang pasien tertular COVID-19 masih menjadi pertanyaan bagi pemerintah. Sejauh ini pemerintah hanya berhasil mengidentifikasi bahwa Pasien 416 sempat membawa ibunya ke rumah sakit beberapa hari sebelum mulai menunjukkan gejala terinfeksi virus Corona.


Kontak Pasien 416 pun diyakini terbatas, seperti diungkap oleh pihak keluarga. Sebab sang pasien selama ini hanya berinteraksi dengan kerabat sekitar rumahnya.

"(Pasien 416) hanya menjaga cucu dan berinteraksi dengan tetangga. Dia tidak melakukan kontak dengan orang asing," jelas para tetangga, seperti dilansir dari AFP, Sabtu (25/7).

Sedangkan saat ini kondisi kesehatan sang pasien dikabarkan memburuk. "Pasien saat ini menggunakan bantuan ventilator karena gangguan pernapasan," jelas Kementerian Kesehatan Vietnam.

Namun potensi penularan COVID-19 di Danang sendiri memang tergolong tinggi. Sebab daerah itu merupakan salah satu yang langsung dipadati wisatawan lokal sejak pemerintah setempat mencabut kebijakan lockdown beberapa waktu lalu.

Sementara dalam bidang pengendalian wabah COVID-19, Vietnam dikenal sebagai salah satu yang sangat berhasil. Bahkan negara itu sudah mendeklarasikan diri terbebas dari virus Corona ketika kasus masih terkonfirmasi di Tiongkok yang notabene merupakan episentrum wabah COVID-19 pertama di dunia.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts