PSBB Transisi Berakhir 30 Juli, Corona DKI Masih Tinggi
Nasional

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta akan berakhir besok (30/7). Pemprov DKI pun tengah melakukan evaluasi lantaran kasus COVID-19 di ibu kota masih terus bertambah.

WowKeren - Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta akan segera berakhir pada 30 Juli 2020 besok. Meski begitu, Ibu Kota Indonesia tersebut masih menjadi salah satu daerah dengan penyebaran virus corona (COVID-19) yang tinggi.

PSBB transisi sendiri mulanya diperpanjang sejak 17 Juli lalu hingga besok (30/7). Namun, selama dilakukan PSBB transisi pertumbuhan kasus baru COVID-19 justru makin bertambah tiap harinya.

Sejak 17 Juli, penambahan kasus baru di DKI Jakarta selalu di atas 241 kasus per hari. Rekor penambahan kasus baru terjadi pada 27 Juli 2020 dengan 472 kasus.

Meski begitu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat mengaku bersyukur karena berhasil menemukan banyak kasus COVID-19. "Kami justru merasa bersyukur sekali bisa menemukan warga yang positif di saat mereka tidak menyadari mereka tidak positif, daripada mereka tidak tahu, pulang ke rumah menularkan orang tua, lingkungan," kata Anies di DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (22/7) lalu.


Sementara itu, Pemprov DKI masih mengkaji sejumlah opsi terkait berakhirnya masa PSBB transisi yang jatuh pada Kamis (30/7) besok. Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pihaknya telah menyiapkan 3 opsi tindakan.

"Ya dalam dua hari ini kita akan evaluasi, pilihannya kan tiga. Pilihan pertama, kalau dianggap ada luar biasa perbaikan peningkatan yang positif ke arah yang lebih baik, tentu kita memasuki masa sehat, aman, dan produktif," ujar Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (28/7).

Salah satu opsi yang mungkin bisa terjadi adalah kembali memperpanjang masa PSBB transisi apabila situasi COVID-19 di DKI belum mereda. "Kalau masih seperti ini, kemungkinan kita akan memperpanjang masa transisi," katanya.

Hingga Selasa (28/7) kemarin, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mencatat adanya 1.748 kasus positif baru dalam 24 jam terakhir, sehingga total kumulatifnya mencapai 102.051 orang. Sedangkan jumlah pasien sembuh mengalami peningkatan drastis yakni 2.366 orang. Sehingga, total terdapat 60.539 orang yang sudah sukses mengalahkan virus Corona penyebab COVID-19.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru