Pecah Rekor 2.366 Pasien, Tingkat Kesembuhan Corona di Provinsi Ini Nyaris 100 Persen
Getty Images
Nasional

Ada 2.366 pasien COVID-19 dikonfirmasi sembuh pada Selasa (28/7), menjadikan data ini tertinggi nasional. Satgas mencatat ada 24 provinsi dengan tingkat kesembuhan lebih tinggi daripada rerata nasional.

WowKeren - Kembali satu rekor baru ditorehkan Indonesia dari segi perkembangan wabah COVID-19. Namun hari ini, Selasa (28/7), tampaknya kabar yang dibawah jauh lebih baik ketimbang kemarin, yakni perihal jumlah pasien sembuh harian.

Dilansir dari situs covid19.go.id, jumlah pasien COVID-19 yang berhasil sembuh memecahkan rekor nasional yakni mencapai 2.366 orang. Dengan demikian, total terdapat 60.539 orang yang sudah sukses mengalahkan virus Corona penyebab COVID-19. Sebelumnya data pasien sembuh tertinggi terjadi pada Minggu (19/7) pekan lalu yang mencapai 2.133 orang.

Pecah Rekor 2.366 Pasien, Tingkat Kesembuhan Corona di Provinsi Ini Nyaris 100 Persen

covid19.go.id

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 pun mencatat adanya 1.748 kasus positif baru dalam 24 jam terakhir, sehingga total kumulatifnya mencapai 102.051 orang. Alhasil tingkat kesembuhan bila dibandingkan dengan kasus terkonfirmasi mencapai 59,3 persen.


Bila merujuk pada data mingguan, maka tingkat kesembuhan pekan ini adalah mencapai 57,36 persen. Yang kemudian menjadi kabar baik, total ada 24 provinsi yang memiliki presentase kesembuhan di atas angka nasional.

Juru Bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, menyebut ada satu provinsi dengan tingkat kesembuhan tertinggi di Indonesia mencapai hampir 100 persen. "Pada minggu ini, Kalimantan Barat angka kesembuhannya adalah 97 persen," ungkap Wiku dalam konferensi pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta.

Selain itu, terdapat beberapa provinsi dengan tingkat kesembuhan tak kalah tinggi. Seperti Bangka Belitung (92 persen), Sulawesi Tengah (91 persen), dan Kepulauan Riau (88,7 persen).

"Kami harap daerah-daerah bisa menyusul meningkatkan angka kesembuhannya menjadi lebih tinggi sehingga rata-rata nasionalnya harus bisa meningkat," tutur Wiku, seperti dilansir dari Liputan 6. Secara spesifik, Wiku menyebut ada 10 provinsi yang memiliki tingkat kesembuhan di bawah rerata nasional.

Terkait sebarannya, pasien sembuh harian terbanyak hari ini dikonfirmasi di Jawa Barat (627 orang). Sedangkan Jawa Timur menjadi provinsi dengan jumlah kasus sembuh tertinggi nasional, yakni mencapai 13.081. Sementara untuk pasien meninggal yang dikonfirmasi hari ini 63 orang sehingga totalnya 4.901.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru