Kemenlu Buka Suara Soal Nasib WNI Dalam Ledakan Mengerikan Di Beirut
STR/AFP/Getty Images
Dunia

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) angkat berbicara mengenai nasib Warga Negara Indonesia (WNI) setelah terjadinya peristiwa ledakan yang mengerikan di Beirut, Lebanon.

WowKeren - Dunia sedang dihebohkan dengan peristiwa ledakan besar yang terjadi di Beirut, Lebanon. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) langsung angkat berbicara mengenai nasib Warga Negara Indonesia (WNI) dalam insiden mengerikan tersebut.

Kemenlu sempat mengungkapkan jika tidak ada WNI yang menjadi korban dalam peristiwa ledakan dahsyat di Beirut. Informasi tersebut didapatkan Kemenlu dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Lebanon.

“Informasi awal dari Dubes RI di Lebanon tidak ada WNI yang jadi korban,” ujar Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah seperti dilansir dari Detik, Selasa (4/8). “KBRI ada memberikan informasi awal. Penyebab ledakan masih belum diketahui, sebaiknya menunggu pernyataan otoritas Lebanon.”

Namun dalam perkembangan terbaru, Kemenlu menyatakan ada satu WNI yang menjadi korban dalam insiden ledakan tersebut. Menurut keterangan Teuku, WNI perempuan yang berinisial NNE ini selamat dan hanya mengalami luka-luka ringan saja.


Teuku mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan KBRI Lebanon. Ia menjelaskan jika pihak KBRI telah melakukan komunikasi secara langsung dengan mengandalkan video call terhadap WNI yang menjadi korban itu.

“Ada 1 WNI yang mengalami luka-luka (inisial NNE),” ungkap Teuku seperti dilansir dari Liputan6, Rabu (5/8). “Staf KBRI sudah berkomunikasi melalui video call dengan yang bersangkutan.”

Kondisi WNI ini disebutkan dalam keadaan stabil dan bisa berbicara ataupun berjalan. Ia sempat dibawa ke rumah sakit setempat untuk mendapatkan pengobatan sebelum akhirnya diperbolehkan kembali ke apartemennya yang terletak di Beirut.

”Kondisinya stabil, bisa bicara dan berjalan,” jelas Teuku. “Yang bersangkutan sudah diobati oleh dokter RS dan sudah kembali ke apartemennya di Beirut.”

Perdana Menteri Lebanon, Hassan Diab sendiri telah mengungkapkan peristiwa penyebab ledakan mematikan tersebut. Ia kini mendeklarasikan ledakan di Beirut sebagai bencana nasional dan turut berduka cita atas korban-korban yang meninggal dunia.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait