Kim Yo Jong Dapat Jabatan Baru di Partai Buruh, Susul Kim Jong Un Jadi Tokoh Terkuat di Korut
Dunia

Disebutkan bahwa Kim Yo Jong kemungkinan besar telah diangkat oleh Kim Jong Un sebagai Kepala Departemen Organisasi dan Bimbingan di Partai Buruh Korut.

WowKeren - Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, dilaporkan memberi jabatan baru kepada adik perempuannya, Kim Yo Jong, di Partai Buruh Korut. Jika kabar itu benar, maka bisa dipastikan bahwa Kim Yo Jong akan menjadi tokoh terkuat kedua di negara tersebut setelah sang kakak.

Dilansir dair CNN, laporan itu disampaikan oleh Menteri Pertahanan Korea Selatan, Jeong Kyeong-doo, di hadapan anggota dewan Majelis Nasional pada Selasa (25/8) waktu setempat. Jeong mengatakan Kim Yo Jong kemungkinan besar telah diangkat menjadi Kepala Departemen Organisasi dan Bimbingan di Partai Buruh Korut.

Departemen Organisasi dan Bimbingan di Partai Buruh Korut sendiri telah terkenal punya pengaruh besar, seperti berurusan untuk menangani indoktrinasi ideologi negara kepada rakyat Korut, pengurusan internal partai, hingga politik luar negeri. Para ahli percaya departemen tersebut bertanggung jawab memantau sekitar 3 juta anggota partai untuk memastikan mereka tetap setia kepada Kim Jong Un dan menghormati ajaran rezim Korea Utara.

Selain itu, Jeong Kyeong-doo juga menyatakan Kim Yo Jong memiliki peran penting dalam membentuk kebijakan terhadap Korea Selatan dan Amerika Serikat. Kim Yo Jong sendiri diketahui telah bertahun-tahun menjadi asisten dan orang kepercayaan saudara laki-lakinya. Dia pernah menjabat sebagai tokoh propaganda Korut, dan jabatan teranyar yang dia emban adalah pengganti Politbiro, yang merupakan badan senior partai yang berkuasa di Korea Utara.


Bahasan soal meningkatnya peran Kim Yo jong dalam peta perpolitikan Korut kemudian menimbulkan spekulasi bahwa dirinya akan menjadi pemimpin Korut selanjutnya. Beberapa ahli percaya bahwa Yo Jong yang sedang naik daun saat ini telah menjadi bagian dari kampanye publisitas yang dirancang dengan cermat oleh pemerintah Korut.

Apalagi sebelumnya Kim Jong Un dikabarkan tengah mengalami masalah kesehatan hingga memutuskan untuk mendelegasikan lebih banyak kekuasaannya kepada pejabat senior di sekitarnya, termasuk Yo Jong, untuk meringankan beban kerjanya.

Seperti yang diketahui, belakangan ini santer tersiar kabar bahwa kondisi kesehatan Kim Jong Un menurun drastis, bahkan dikabarkan tengah dalam kondisi koma. Dalam pertemuan tertutup pada 20 Agustus lalu, Badan Intelijen Nasional Korea Selatan (NIS) mengatakan kepada anggota parlemen bahwa Kim Jong Un telah mengalihkan sebagian dari tanggung jawabnya kepada orang lain, termasuk sang adik, Kim Yo Jong, akibat kondisinya tersebut.

Saat ini, Kim Yo Jong sendiri diberi wewenang menjalankan kebijakan luar negeri Korea Utara terhadap Korea Selatan dan Amerika Serikat. Sedangkan Pak Pong Ju untuk urusan ekonomi, Choe Pu Il untuk urusan militer, dan Ri Pyong-chol yang bertanggung jawab atas pengembangan senjata strategis.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts