Cegah Penularan Virus Dalam Ruangan, Ridwan Kamil Kukuh Ogah Buka Bioskop
Instagram/ridwankamil
Nasional
Wacana Pembukaan Bioskop

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya belum merekomendasikan bioskop dan tempat hiburan kembali buka di tengah pandemi meski pemerintah telah mengizinkan.

WowKeren - Pemerintah memutuskan membuka kembali operasional bioskop kendati pandemi COVID-19 belum terkendali. Menanggapi hal ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya belum merekomendasikan bioskop dan tempat hiburan kembali buka.

Pria yang kerap dipanggil Kang Emil itu menilai jika ruang tertutup dengan pendingin ruangan (AC) sentral seperti bioskop berpotensi menjadi tempat penularan virus corona (COVID-19). "Pada dasarnya kami menghindari potensi-potensi di ruang dalam yang tidak bisa menjamin sterilitas. Kan, kuncinya itu kalau AC-nya sentral si virus kan muter-muter di situ sehingga tidak keluar," ujarnya dalam jumpa pers di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Jumat (28/8).

Meski begitu, ia mengaku akan mempertimbangkan andai pengelola bioskop memberikan jaminan sistem sirkulasi udara dalam ruangan lebih baik. "Kalau ada jaminan sirkulasi udaranya itu lebih baik, maka wacana itu masih mungkin," tuturnya.


Lebih lanjut, Emil mengatakan sejauh ini Pemprov Jabar belum mengeluarkan rekomendasi atas wacana pembukaan bioskop. "Per hari ini kami belum yakin, sementara belum ada wacana pembukaan-pembukaan dari level provinsi, dari rekomendasi untuk hiburan malam yang cenderung AC-nya masih sentral termasuk bioskop," tegasnya.

Sebelumnya diketahui jika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berniat untuk kembali membuka bioskop meski kasus COVID-19 di ibu kota belum mereda. Pembukaan bioskop tersebut, kata Anies, berkaca dari Korea Selatan.

"Kita merujuk pada studi dan kajian para pakar terkait dengan penanganan dan pengelolaan kegiatan di dalam bioskop yang sudah dilakukan di berbagai negara," ujarnya saat di Gedung BNPB, Rabu (26/8). "Jadi 47 negara pada saat ini, kegiatan bioskop sudah berjalan seperti biasa, bahkan di Korea Selatan pada masa pandemi termasuk pada puncak pandemi di sana, bioskop tidak ditutup."

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts