Birthday Spotlight: Happy Kim Sejeong Day
Selebriti

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Kim Sejeong Gu9udan yang merayakan ulang tahunnya yang ke-24 (25 tahun menurut perhitungan Korea) pada 28 Agustus.

WowKeren - Ulang tahun para idol menjadi momen yang spesial tak hanya bagi idol itu sendiri tapi juga penggemar mereka. Berbagai cara dilakukan penggemar untuk merayakan momen ulang tahun sang idola mulai dengan berdonasi, memasang iklan di lokasi-lokasi yang populer dan strategis sampai sekedar membuat tagar khusus dan menjadikannya trending topic di Twitter.

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Kim Sejeong Gu9udan yang merayakan ulang tahunnya yang ke-24 (25 tahun menurut perhitungan Korea) pada 28 Agustus kemarin. Ulang tahun kali ini menjadi ulang tahun keempat yang dirayakan mantan personel girl grup IOI itu sebagai idol.

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Kim Sejeong lahir di Gimje, Provinsi Jeolla Utara, tetapi pindah ke Anyang, Gyeonggi di mana dia tinggal bersama ibu dan kakak laki-lakinya di rumah bibinya. Orang tuanya berpisah ketika dia masih kecil, meninggalkan ibunya untuk membesarkan seorang diri dia dan kakak laki-lakinya, dan dia sebelumnya telah menyatakan bahwa dia tidak menghubungi ayahnya sampai tahun ketiga SMP.

Pada 2012, Sejeong berpartisipasi dalam musim kedua kompetisi acara televisi "K-pop Star 2" pada usia 16 tahun. Dia tidak berhasil melewati audisi rangking kedua, tetapi Yang Hyun Suk membawanya kembali sebagai wildcard untuk babak casting, di mana ia menampilkan duet "I Need A Girl" Taeyang dengan sesama kontestan Jo Yoomin. Namun di akhir babak, dia tersingkir dari kompetisi.

2. Debut


Debut

Pada Januari 2016, Sejeong mewakili Jellyfish Entertainment bersama dengan sesama trainee Kim Nayoung dan Kang Mina di ajang survival "Produce 101" untuk kesempatan debut di girl group Mnet. Program ini berakhir pada 1 April 2016, dan final line-up IOI, yang terdiri dari 11 pemenang polling teratas, diumumkan. Sejeong menempati posisi kedua secara keseluruhan dan melakukan promosi sebagai member IOI hingga Januari 2017.

Di tengah kegiatannya sebagai member IOI, Sejeong juga debut sebagai personel girl grup besutan Jellyfish Entertainment, Gu9udan pada Juli 2016. Selain dirinya, grup ini juga beranggotakan 8 member lain termasuk Kim Nayoung dan Kang Mina.

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Bersama IOI, Sejeong meraih penghargaan Best New Artist di ajang Mnet Asian Music Awards 2016. Penghargaan yang sama (Rookie Artist Award dan New Artist Award) juga diraih grup tersebut di ajang Golden Disc Awards 2017 dan Seoul Music Awards 2017.

IOI juga menjadi model iklan sejumlah brand mulai dari Etude House, Mom's Touch Chicken and Burger, Woongjin Foods' Haneul Bori Ice Sparkling Water and soju Chamisul, game mobile Netmarble, CJ CheilJedang's Petitzel Eclairs, Pancoat, KB Kookmin Bank hingga seragam sekolah Elite.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Sejeong menjadi pembawa acara KBS baru "Talents for Sale" pada 2016 di mana dia menampilkan berbagai bakat dan mendapatkan julukan "Variety Cheat Key". Pada 23 November 2016, Sejeong berpartisipasi dalam proyek musik Jellyfish Entertainment Jelly Box dan merilis single "Flower Way" yang diproduksi oleh Zico. Single ini menduduki puncak tujuh tangga lagu utama setelah dirilis dan Sejeong menerima trofi program musik pertamanya sebagai artis solo dengan "Flower Way" di episode 30 November "Show Champion".

Pada Januari 2017, Sejeong merilis lagu "If Only" untuk OST dari drama Korea "The Legend of the Blue Sea". Bulan itu, ia menjadi MC permanen untuk OnStyle's "Get It Beauty". Pada Juli 2017, ia mengambil peran akting utama pertamanya sebagai pemeran utama, Ra Eun-ho, di drama remaja KBS2 "School 2017". Sejeong juga menyanyikan "Star Blossom" untuk SM Station bersama Doyoung NCT dan pada September 2017, Sejeong dikonfirmasi menjadi pemeran tetap di variety show Netflix, "Busted!".

Pada September 2018, Sejeong merilis lagu "Lover" untuk OST dari drama Korea "Mr. Sunshine". Pada 2019, ia mengambil peran utama dalam komedi romantis misteri "I Wanna Hear Your Song". Setelah setahun absen sebagai penyanyi, pada 2 Desember 2019, Sejeong merilis single "Tunnel" dengan Dingo Music, diikuti oleh mini album pertamanya, "Plant" pada 17 Maret 2020.

5. Kontroversi


Kontroversi

Pada April 2019, Sejeong mendapat kritikan dari para penggemar TWICE karena menirukan Momo. Saat itu, ia tampil di acara "King of Masked Singer" dan menirukan idol asal Jepang itu saat diminta oleh MC acara untuk menirukan idol K-Pop yang lain.

Penggemar percaya bahwa SeJeong mengolok-olok aksen bahasa Korea Momo secara berlebihan dan sengaja. Mereka pun melontarkan kritikan kepadanya lewat media sosial.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Sepanjang sisa 2020, Sejeong dipastikan masih akan disibukkan dengan kegiatan solo. Salah satu variety show yang dibintanginya, "Busted!" season 3, diperkirakan akan tayang tahun ini atau tahun depan. Musim ketiga ini juga dibintangi Park Min Young dan Sehun EXO.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait