Mnet Didenda Rp 1,5 Miliar Atas Manipulasi Seri 'Produce', Netizen Merasa Kurang
Naver
TV

KCSC sebelumnya mengumumkan bahwa denda akan dikenakan pada keempat musim dari seri 'Produce' karena 'tingkat manipulasi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

WowKeren - Komisi Standar Komunikasi Korea (KCSC) telah membuat keputusan tentang denda atas manipulasi voting dalam seri ajang survival Mnet "Produce". KCSC mengumumkan akan memberikan tingkat sanksi tertinggi kepada tim produksi.

Kembali pada bulan Agustus, KCSC mengumumkan bahwa denda akan dikenakan pada keempat musim dari seri "Produce" karena "tingkat manipulasi yang belum pernah terjadi sebelumnya."

KCSC menyatakan pada bulan Agustus, "Mereka tidak hanya memanipulasi hasil, menipu penonton dan menghalangi persepsi publik yang adil, tetapi masalah yang paling serius adalah pengkhianatan atas kerja keras para peserta dalam program audisi."

Akhirnya pada pertemuan yang diadakan Senin (14/9), KCSC memutuskan denda 30 juta won (sekitar Rp 378 juta) untuk setiap season ("Produce 101", "Produce 101" season 2, "Produce 48" dan "Produce X 101") yaitu denda maksimum yang dapat mereka kenakan menurut hukum yang berlaku.

Ini berarti total denda yang harus dibayarkan Mnet sebesar 120 juta won (sekitar Rp 1,5 Miliar) untuk seri secara keseluruhan. KCSC menyatakan, "Selain kerusakan parah yang terjadi pada penonton dan peserta, merupakan masalah serius bahwa jaringan tidak memiliki sistem verifikasi apa pun, meskipun hampir empat tahun manipulasi sistematis terhadap hasil suara penonton."


Keputusan KCSC tentang jumlah denda yang harus dibayarkan Mnet ini langsung menjadi perbincangan netizen Korea Selatan. Namun banyak yang merasa uang sebesar 120 juta won itu masih sangat kecil untuk ukuran penipuan yang sudah dilakukan Mnet.

"Jadi apakah keempat program itu dicurangi? Mereka seharusnya tidak lolos hanya dengan denda, mereka harus dipaksa mengungkapkan semua nama yang terpengaruh oleh voting yang dicurangi, setidaknya dengan mempertimbangkan trainee yang tereliminasi dan keluarga serta penggemar mereka."

"(Denda) Itu mungkin kurang dari 1 persen dari uang yang mereka hasilkan dari program."

"Wow, (denda) itu bukan apa-apa! Aku yakin mereka menghasilkan lebih banyak uang daripada itu dari program."

"Hampir tidak seharga permen karet jika dibandingkan dengan semua uang yang mereka hasilkan ... Inilah mengapa industri ini tidak akan pernah berubah. Kalian bisa mendenda mereka semua yang kalian inginkan tetapi itu tidak mempengaruhi mereka sama sekali. Dan mereka bahkan tidak mengungkapkan siapa pemenang aslinya. Kami tidak tahu apa-apa tentang korban, korban tidak diberi kompensasi sama sekali ... hanya denda dan sudah berakhir? Mereka semua bersekutu."

"Jika dendanya sekecil itu, maka layak bagi mereka untuk mengambil risiko kebencian dan mencurangi voting. Hebat jika mereka tidak tertangkap, masih baik-baik saja meski mereka tertangkap. 1 persen dari uang mereka bukan apa-apa."

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait