Cuci Hidung Pakai Antiseptik Bisa Bantu Cegah Corona, Ini Penjelasannya
Health
Pandemi Virus Corona

Penelitian terbaru menunjukkan jika membersihkan hidung dengan menggunakan laurtan antiseptik dapat membantu mencegah penularan virus corona. Ini penjelasannya.

WowKeren - Antiseptik rupanya dapat digunakan untuk membantu mencegah penularan virus corona. Hal ini ditunjukkan dari penelitian terbaru yang dilakukan oleh tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Connecticut.

Dalam penelitian ini, terungkap jika mencuci hidung dan mulut dengan menggunakan larutan yodium dapat mencegah tertular COVID-19. Peneliti di laboratorium telah menuangkan larutan antiseptik povidone-iodine (PVP-I) pada tiga konsentrasi berbeda pada sampel virus.

Hasilnya, konsentrasi 0,5 persen menonaktifkan SARS-CoV-2 sepenuhnya hanya dalam waktu 15 detik. Penelitian ini kemudian dipublikasikan di JAMA Otolaryngology.

Larutan PVP-1 diencerkan pada tiga konsentrasi berbeda, 0,5 persen, 1,25 persen, dan 2,5 persen. Peneliti lantas membandingkan konsentrasi PVP-1 dengan larutan etanol 70 persen dan mengamati reaksinya setelah 15 detik hingga 30 detik.


Ketiga larutan tersebut terbukti dapat langsung menonaktifkan COVID-19 hanya dalam waktu 15 detik setelah kontak. “Penelitian ini menunjukkan bahwa waktu kontak 15 detik cukup untuk inaktivasi COVID-19,” kata para penulis seperti dilansir dari Daily Mail, Jumat (18/9).

Peneliti menjelaskan jika bilasan larutan antiseptik tersebut dapat mencegah penyebaran virus dari orang ke orang. Bahkan, membersihkan hidung dengan menggunakan antiseptik bisa mencegah kasus corona dengan gejala parah lantaran sanggup mengurangi jumlah virus yang masuk ke paru-paru.

Hidung manusia sendiri mengandung reseptor ACE-2 tingkat tinggi, yang digunakan virus untuk masuk dan menginfeksi sel tubuh. Oleh sebab itu, beberapa uji klinis telah difokuskan pada irigasi dan pencucian hidung sebagai cara untuk mengekang pandemic COVID-19.

Adapun penggunaan antiseptik hidung PVP-I telah sering diterapkan pada pasien sebelum prosedur intranasal. Hasilnya, penggunaan antiseptik itu dapat secara signifikan menurunkan risiko penularan virus corona melalui droplet maupun airborne.

Peneliti juga menjelaskan bagaimana mencuci hidung dengan antiseptik juga dapat mengurangi viral load yang mengalir ke paru-paru. Meski demikian, peneliti tetap memberikan peringatan jika mencuci hidung menggunakan antiseptik hanya bisa dilakukan dalam pengawasan klinis dan tidak boleh di uji coba sendiri di rumah.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts