Putin Pamerkan Vaksin Corona Sputnik V di Sidang Umum PBB
Twitter/kremlinrussia_e
Dunia

Presiden Rusia Vladimir Putin memerkan vaksin Sputnik V yang merupakan vaksin corona pertama buatan Rusia, dalam pidatonya di Sidang Majelis Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

WowKeren - Sidang Majelis Umum (SMU) ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) digelar Rabu (23/9) hari ini. Pada kesempatan tersebut, Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidatonya melalui rekaman video.

Dalam pidatonya tersebut, Putin memamerkan vaksin Sputnik V, yang disebutnya sebagai vaksin Corona pertama di dunia, dan menyatakan Rusia terbuka untuk kerja sama dengan negara lain. "Saya ulangi lagi bahwa kami sangat terbuka dan siap untuk bermitra," kata Putin dilansir AFP, Rabu (23/9).

Vaksin Sputnik V dikembangkan oleh Pusat Penelitian Gamaleya Moskow. Rusia mengumumkan pada Agustus 2020 lalu bahwa itu adalah vaksin Corona yang terdaftar pertama di dunia.

Sementara vaksin telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam uji coba awal, Rusia belum menyelesaikan tahap akhir uji klinis, di mana sebagian besar orang menerima vaksin atau plasebo. Meski begitu, Rusia telah memvaksinasi para pejabat tinggi, termasuk Kementerian Pertahanan Sergei Shoigu dan Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin. Bahkan salah satu putri Putin yang turut divaksinasi hanya mengalami reaksi ringan.


Dana Investasi Langsung Rusia yang telah mendukung pengembangan vaksin tersebut menyatakan bahwa 20 negara telah memesan pasokan vaksin Sputnik V pada bulan lalu. Putin pun mendesak konferensi online yang akan diadakan dalam waktu dekat dengan negara-negara lain yang 'tertarik untuk bekerja sama dalam menciptakan vaksin melawan virus Corona'.

"Kami siap untuk berbagai pengalaman kami," ujar Putin. Ia juga menawarkan untuk memasok negara lain dengan 'vaksin Rusia yang telah menunjukkan keandalan, keamanan, dan efektivitasnya'.

Putin juga memuji kecepatan Rusia dalam mengembangkan serangkaian system pengujian dan pengobatan untuk mendiagnosis dan mengobati virus Corona. "Negara kami telah berperan aktif dalam upaya global dan regional untuk memerangi COVID-19 dan memberikan bantuan kepada negara-negara yang paling menderita," katanya.

Tak hanya itu, Putin juga menyinggung kasus virus Corona di antara para staf PBB. Putin pun menawarkan untuk memberikan vaksin Sputnik V kepada mereka.

"Rusia siap memberikan kepada staf PBB semua bantuan professional yang diperlukan: khususnya kami mengusulkan penawaran vaksin kami untuk vaksinasi sukarela staf PBB dan anak perusahaannya," tuturnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru