Jangan Sampai Salah! Ini 7 Tips Merawat Jaket Kulit Biar Tetap Berkualitas dan Tahan Lama
pixabay.com
Lifestyle

Jaket kulit membutuhkan perhatian ekstra jika dibandingkan dengan jaket lain berbahan kain atau denim. Jika tidak dirawat dengan benar, jaket kulit semahal apapun akan rusak dengan mudah. Kamu pasti tak mau hal itu sampai terjadi kan?

WowKeren - Jaket kulit menjadi salah satu item fashion yang memiliki banyak peminat. Pasalnya jaket kulit tak hanya membuat penampilan seseorang terlihat semakin kece, namun juga bisa menjadi item yang cocok dipadu padankan dengan yang lain.

Sayangnya, perawatan jaket kulit bisa dibilang susah-susah gampang. Semahal apapun harganya, jika tidak dirawat dengan benar, tentu saja kualitasnya akan menurun bahkan bisa mengalami kerusakan. Sayang banget kan, karena ujung-ujungnya kalian gagal tampil trendi.

Oleh karena itu, tim WowKeren akan memberikan beberapa tips merawat jaket kulit yang bisa kalian praktekkan dengan mudah. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Pertolongan Pertama Jika Terkena Noda


Pertolongan Pertama Jika Terkena Noda
pxhere.com

Ada beberapa cara yang harus dilakukan jika jaket kulit kalian tiba-tiba terkena noda atau tinta. Pertama, jangan pernah berpikir untuk merendam apalagi mencucinya seperti biasa. Sebab kalian harus membersihkan noda tersebut menggunakan kain basah dan sampo. Tak perlu digosok terlalu keras, sebab kalian bisa mengelap dan membilasnya saja sampai noda tersebut hilang.

Selain itu, kalian juga bisa membersihkannya dengan isopropyl alkohol yang banyak dijual di toko-toko obat. Gunakan kain katun dengan warna putih agar tidak sampai luntur, lalu rendam jaket kalian dengan alkohol tersebut. Setelah itu bersihkan noda yang menempel dengan lembut secara perlahan sampai benar-benar hilang.

2. Rawat dengan Baby Oil


Rawat dengan Baby Oil
pxhere.com

Baby oil dikenal sebagai minyak serbaguna yang sering digunakan untuk perawatan bayi. Minyak ini sendiri terbuat dari mineral oil yang sifatnya tidak berwarna, tidak berbau dan tidak mudah teroksidasi. Karena itulah minyak satu ini memiliki banyak sekali kegunaan, salah satunya adalah untuk merawat jaket kulit.

Caranya mudah, sebab kalian hanya perlu menuangkan beberapa tetes baby oil pada handuk halus lalu bersihkan seluruh bagiannya secara perlahan. Bila sudah, keringkan dengan handuk lalu angin-anginkan tanpa kena sinar matahari.

3. Jangan Cuci di Mesin Cuci


Jangan Cuci di Mesin Cuci
pixabay.com

Tips berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah jangan sekali-kali mencuci jaket kulit di mesin cuci. Meski agak sulit, usahakan untuk mencucinya secara manual dengan tangan. Saat mencucinya pun kamu harus ekstra hati-hati dan menggunakan bahan tertentu seperti sampo sebagai pengganti deterjen, air hangat, kain bersih serta kain kering.

Namun bila tak ingin repot, kamu bisa membawanya ke laundry profesional yang tahu bagaimana cara menangani jaket kulit dengan baik. Dengan begitu, jaket kulit milikmu akan bersih dan tetap terawat!

4. Olesi dengan Body Lotion Secara Rutin


Olesi dengan Body Lotion Secara Rutin
pixabay.com

Jaket kulit memang membutuhkan perawatan ekstra, tidak seperti jaket lain yang berbahan kain atau denim. Untuk menjaga kualitasnya, kita harus memastikan jaket tersebut tetap elastis dan lembab. Salah satu caranya adalah dengan mengoleskan body lotion setiap satu atau dua minggu sekali.

Kamu bebas menggunakan body lotion apa saja, asal yang bersifat melembabkan. Caranya mudah, pertama-tama tuang body lotion pada kapas lalu oleskan dengan lembut pada jaket kulit kalian. Setelah itu angin-anginkan sebentar lalu simpan kembali ke tempat semula. Dengan begitu, jaket kulit kalian tidak akan mudah kering atau pecah-pecah.

5. Digantung, Jangan Dilipat!


Digantung, Jangan Dilipat!
pixabay.com

Jika kalian ingin membuat jaket kulit tetap terlihat baru dan mulus, pastikan untuk menyimpannya dengan baik. Alih-alih dilipat, sebaiknya gantung jaket tersebut agar tidak menimbulkan garis-garis baru yang dapat merusak tampilannya.

Untuk perlindungan maksimal, sebaiknya semprotkan cairan khusus berbentuk spray sebelum kalian menggunakannya. Cairan tersebut akan membuat tekstur jaket tetap elastis, tidak mudah berjamur dan mencegah timbulnya bau tak sedap.

6. Jangan Digunakan Saat Hujan


Jangan Digunakan Saat Hujan
pixabay.com

Perlu diketahui bahwa musuh utama jaket kulit adalah air hujan. Bila terkena hujan, jaket kulit akan mudah rusak, berjamur dan warnanya memudar. Karena itu, pastikan untuk tidak menggunakan jaket kulit di musim hujan jika ingin menjaga kualitasnya.

Namun bila terlanjur terkena air hujan, segera lakukan pertolongan pertama. Lap jaket tersebut sampai kering dan bersih menggunakan kain atau handuk halus lalu gantung di ruangan sambil diangin-anginkan. Pastikan untuk tidak langsung menyimpannya di ruang tertutup untuk mencegah timbulnya jamur.

7. Jangan Disetrika


Jangan Disetrika
pixabay.com

Tips terakhir ini tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Setelah dicuci bersih, pastikan untuk menjemur jaket kulit di tempat yang teduh dan biarkan mengering secara alami. Kamu juga tidak boleh menyetrikanya, karena panas yang dihasilkan dapat membuat jaket kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Tentunya kamu tak mau hal itu sampai terjadi kan?

Demikian tujuh tips merawat jaket kulit yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa cara mudah merawat sepatu kulit. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips merawat laptop biar tahan lama.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru