Tower 8 Wisma Atlet Dibuka Hari Ini, Siap Tampung Pasien OTG COVID-19 Baru
Reuters
Nasional

Meskipun sudah dioperasikan, namun tower ini hanya berstatus sebagai cadangan. Tower 8 baru akan digunakan apabila tower 4 dan 5 sudah terisi kapasitas maksimumnya

WowKeren - Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran telah membuka satu tower lagi per hari ini, Selasa (29/9). Adalah tower 8, yang dioperasikan dengan tujuan untuk menampung pasien positif COVID-19 tanpa gejala atau OTG.

Kendati sudah dibuka, namun flat ini masih belum menerima pasien. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) RSD Wisma Atlet Kemayoran, Brigjen TNI Muhammad Saleh Mustafa.

"Sementara pagi ini masih belum (ada pasien yang masuk ke tower 8)," kata Saleh dilansir dari CNN Indonesia, Selasa (29/9). Meski susah siap menerima pasien, namun Saleh mengakui jika pihaknya masih melakukan perbaikan terhadap sistem pendataan untuk pasien.

Sedangkan untuk segi fasilitas disebutnya sudah siap. Hanya tinggal melengkapi sejumlah sistem saja.


"Karena IT kita masih bermasalah sedikit, sistem pendataan," ujarnya menjelaskan. "(Kalau fasilitas) sudah siap sekali, kita tinggal melengkapi sistem dekontaminasi, limbah, dan sebagainya."

Lebih lanjut ia menyebutkan jika meskipun tower 8 sudah dioperasikan, namun tower ini hanya berstatus sebagai cadangan. Tower 8 baru akan digunakan apabila tower 4 dan 5 sudah terisi kapasitas maksimumnya.

Sedangkan saat ini, fokus penanganan masih ditujukan untuk tower 5. "Sementara ini kita fokus di tower 5 dulu, kan kemarin kita pulangkan banyak juga, 500-an orang," kata Saleh.

Dengan dibukanya tower ini, Saleh berharap agar okupansi tempat tidur di masing-masing tower tidak sampai melebihi 80 persen. Hal ini juga diharapkan mampu mengurangi beban tenaga kesehatan dengan mengurangi potensi membludaknya pasien.

"Mungkin kita hanya berharap 80 persen dari tempat tidur digunakan di masing-masing tower," jelasnya lagi. "Sekarang di tower 4 sudah hampir 99 persen malah."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait