Bom Terbesar Perang Dunia II Ditemukan, Meledak Saat Dijinakkan Dalam Air
pxhere.com
Dunia

Atas insiden ini, sebanyak 750 warga sekitar yang tinggal di daerah dekat Kanal Piast di luar kota Swinoujscie segera dievakuasi ke tempat yang lebih aman

WowKeren - Bom terbesar peninggalan Perang Dunia II ditemukan di Polandia. Namun sayangnya, bom ini meledak saat para penyelam angkatan laut berusaha menjinakkannya di bawah permukaan air.

Dilansir dari ABC, tim penyelam angkatan laut mencoba menetralkan bom melalui deflagrasi jarak jauh. Hal ini dilakukan dengan membakar bahan peledaknya. Yang mana sayangnya, bahan peledak tersebut tidak sengaja meledak selama proses penjinakan tersebut.

Bom yang disebut Tallboy ini pada masanya digunakan oleh Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF). Berat bom ini mencapai 5.400 ton, termasuk 2.400 kg merupakan bahan peledak. Tallboy ditemukan pada September 2019 lalu di bawah jalur air yang menuju ke pelabuhan Szczecin.

Atas insiden ini, sebanyak 750 warga sekitar yang tinggal di daerah dekat Kanal Piast di luar kota Swinoujscie segera dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Dengan meledaknya bom ini, maka bisa dibilang kondisi sudah aman. Hal itu disampaikan oleh juru bicara Armada Pertahanan Pantai ke-8 pada Angkatan Laut Polandia, Letnan Kolonel Grzegorz Lewandowski.


"Proses deflagrasi berubah menjadi ledakan," ujarnya dikutip kantor berita yang dikelola pemerintah PAP seperti dilansir Reuters, Rabu (14/10). "Objek tersebut dapat dianggap dinetralkan, tidak akan menimbulkan ancaman lagi."

Sementara itu, ia memastikan jika tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam insiden ini. Para penyelam pun berada di luar zona ledakan tersebut. "Semua penyelam tambang berada di luar zona bahaya," tambahnya.

Sementara itu, Kanal Piast menjadi penghubung antara Laut Baltik dengan Sungai Oder di perbatasan Polandia dengan Jerman. Bom seberat 5 ton lebih itu dijatuhkan oleh RAF pada tahun 1945 silam ketika terjadi serangan terhadap kapal penjelajah Jerman Lutzow.

Bom yang dirancang oleh insinyur penerbangan Inggris Barnes Wallis ini sejatinya akan digunakan oleh RAF untuk menghancurkan aset besar yang dikendalikan Nazi melalui guncangan bawah tanah. Para ahli pun tidak mengetahui secara pasti penyebab bom tersebut gagal meledak kala itu.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait