Demokrat Minta Klarifikasi, Mahfud MD Tegaskan Tak Pernah Sebut SBY-AHY Dalang Demo
Nasional
Pengesahan UU Cipta Kerja

Hal ini diungkapkan Menko Polhukam Mahfud MD kala menanggapi politisi partai Demokrat Andi Arief yang meminta klarifikasi mengenai tudingan dalang di balik demonstrasi Omnibus Law.

WowKeren - Politisi Partai Demokrat Andi Arief meminta pemerintah untuk memberikan klarifikasi mengenai tudingan dalang di balik demonstrasi Omnibus Law terhadap Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Hal ini disampaikan Andi melalui cuitan di akun Twitter pribadinya.

"Kalau sampai tidak ada klarifikasi dari Pak @mohmahfudmd, Pak Airlangga, Pak Luhut dan BIN atas tuduhan bahwa Pak SBY, AHY dan demokrat yang difitnah di belakang demo besar ini, maka tidak ada jaminan ketegangan politik akan mereda," cuit Andi pada Selasa (13/10). Adapun cuitan Andi tersebut langsung ditanggapi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Mahfud menegaskan bahwa baik pemerintah tidak pernah menuding AHY maupun SBY sebagai dalang di balik demo ricuh Omnibus Law. Menurut Mahfud, tudingan terhadap SBY dan AHY tersebut hanya sekadar isu yang beredar di media sosial.

"Klarifikasi macam apa yang diminta Mas @AndiArief__? Tak seorang pun di antara kami pernah bilang Pak SBY atau AHY sbg dalang atau membiayai unras," balas Mahfud pada Rabu (14/10). "Sebaliknya, tolong diklarifikasi kapan kami bilang begitu. Kalau ada nanti kami selesaikan. Itu kan hanya di medsos2 yang tak jelas."


Klarifikasi Dalang Demo

Twitter/@mohmahfudmd

Sebelumnya, SBY juga telah menyatakan dirinya tidak merasa dituding pemerintah menjadi dalang di balik demonstrasi. Presiden ke-6 RI tersebut mengungkapkan bahwa dirinya berhubungan baik dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

"Hubungan saya dengan Airlangga selama ini baik, dengan Luhut juga baik, dengan BIN juga enggak ada masalah," ujar SBY lewat video di kanal YouTube-nya, Senin (12/10). "Saya enggak yakin BIN anggap saya sebagai musuh negara."

SBY lantas meminta pemerintah untuk segera membongkar siapa saja sosok yang diyakini menjadi dalang di balik demo rusuh Omnibus Law untuk menghindari merebaknya spekulasi yang tak bisa dipertanggungjawabkan. Sebab bila tidak disebutkan dengan gamblang sama saja seperti pemerintah tengah menyebar berita bohong alias hoaks.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts