Gunakan 7 Tips Alami Ini Untuk Usir Rayap Di Rumah, Dijamin Satu Koloni Bakal Kabur!
SerbaSerbi

Rayap termasuk dalam jenis serangga yang sering merusak furnitur atau parabot rumah dari bahan kayu. Oleh karena itu, serangga ini harus segera dibasmi dan dicegah sebelum merajalela.

WowKeren - Kayu banyak sekali digunakan sebagai bahan untuk membangun rumah. Bahkan beberapa perabotan juga dibuat dari kayu. Bahan satu ini memang menjadi bahan baku ideal karena tahan lama dan ringan. Namun kayu kerap kali menjadi tempat bersarang rayap hingga keropos dan rapuh.

Rayap kayu termasuk dalam jenis serangga yang sering merusak furnitur atau parabot rumah dari bahan kayu. Rayap kayu ini juga selain tinggal atau sarangnya di kayu kerangka rumah atau perabotan, juga makannya bersumber dari kayu tersebut. Sehingga tidak salah jika serangga yang satu ini sangat merugikan secara ekonomi.

Oleh karena itu, jika tidak segera dibasmi dan dicegah sebelum merajalela, maka jangan disalahkan apabila perabot atau furnitur dari bahan kayu bisa rusak dimakan rayap jahat ini. Oleh karena itu, berikut tim WowKeren rangkum 7 tips mengusir rayap kayu dengan cara alami. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Buat Banyak Ventilasi


Buat Banyak Ventilasi

Rayap merupakan serangga yang menyukai tempat yang lembab dan minim terkena sinar matahari. Untuk itu jika kalian memiliki rumah dengan peralatan yang menggunakan bahan kayu, maka bangun dan perbanyak ventilasi di dalam rumah. Ini dilakukan agar sinar matahri dapat masuk ke setiap sudut rumah.

Jika sudah terlanjur terkena rayap, maka jemur di area terbuka sehingga langsung terkena sinar matahari. Selain itu, buat kalian yang memiliki rumah dengan bangunan yang mengandung material kayu, selalu perhatikan jarak antara material kayu dengan tanah. Cara ini berguna untuk membasmi rayap tanah yang biasanya masuk ke dalam bangunan dengan media kayu.

2. Bersihkan Rumah Dari Genangan Air


Bersihkan Rumah Dari Genangan Air

Seperti yang disebutkan sebelumnya, rayap suka hidup di tempat yang lembab. Jadi di mana ada genangan air, di situlah rayap akan berkembang biak. Cara membasmi rayap dari paling luar rumah adalah dengan mencegah adanya genangan air, baik di halaman rumah ataupun selokan.

Cara membasmi rayap ini perlu dilakukan terutama ketika musim penghujan. Ada baiknya halaman rumah memiliki penampung air hujan seperti kolam agar mudah dibersihkan. Jangan lupa bersihkan selokan secara rutin, selain sebagai cara membasmi rayap, juga dapat membasmi nyamuk.

3. Gunakan Kapur Barus


Gunakan Kapur Barus

Kalian juga bisa membasmi rayap kapur barus loh. Zat kimia ini terbukti mampu dijadikan obat anti rayap yang ampuh dan juga efektif. Kandungan naftalena di dalam kapur barus bersifat mematikan bagi serangga kecil seperti rayap.

Tak hanya itu, membasmi rayap dengan kapur barus di rumah juga sekaligus dapat membasmi berbagai serangga lainnya seperti kecoak dan juga semut. Cukup letakkan segenggam kapur barus di dalam perabotan kayu di rumah, dijamin rayap pun enggan mendekatinya. Cara membasmi rayap dengan kapur barus ini menurut sebagian orang paling efektif dibanding cara lainnya.

4. Menyiramkan Air Cucian Beras


Menyiramkan Air Cucian Beras

Air cucian beras dipercaya memiliki banyak manfaat. Selain kecantikan, air ini juga bisa untuk mengusir rayap loh. Untuk mendapatkan manfaat ini, kalian bisa menyimpan air saat sedang mencuci beras. Kemudian menyiramkannya ke area yang ditempati oleh rayap.

Karena setiap hari biasanya ibu rumah tangga selalu memasak nasi, kalian bisa menyiramkannya setiap hari ke area yang ada rayapnya. Kalian pun bisa menyiramkan air cucian beras langsung ke rayap tanah yang bersarang di sekitar rumah loh.

5. Perbaiki Semua Retakan Di Rumah


Perbaiki Semua Retakan Di Rumah

Hal yang paling harus diperhatikan untuk yang memiliki rumah adalah memeriksa secara berkala kondisi rumah. Kalian tidak pernah menyadari adanya retakan jika tidak diperiksa secara teliti. Retakan yang muncul tersebut dapat menjadi jalan bagi rayap untuk masuk ke dalam rumah. Oleh karena itu, periksa sisi rumahmu dengan seksama.

Selain dinding, keramik yang rusak juga harus diperhatikan. Keramik yang rusak dapat menyebabkan uap air lebih mudah masuk ke dalam rumah. Akibatnya, kondisi rumah menjadi lembab. Belum lagi jika rumah kalian mengalami kebocoran pada pipa tertentu, maka kadar kelembapan di dalam rumah akan meningkat. Maka tidak heran jika rayap menjadi terpancing untuk masuk ke dalam rumah. Oleh karena itu, jangan meremehkan kerusakan kecil ya.

6. Sering Jemur Perabotan Kayu


Sering Jemur Perabotan Kayu

Cara basmi rayap adalah menjaga agar material kayu tersebut tidak lembab. Oleh karena itu, futnitur rumah yang kalian miliki wajib dijemur secara rutin di bawah sinar matahari. Jemur, dalam waktu yang lama, sehingga furtinur tersebut tidak lembab. Sebagai tambahan, gunakan juga pernis kayu untuk furnitur.

Lakukan ini secara berkala untuk mencegah furnitur mudah mengeluarkan uap air. Selain itu, selalu bersihkan dan buang ranting kayu kering yang menumpuk di sekitar rumah. Jika memungkinkan bakar kayu kering tersebut hingga menjadi abu agar tidak ada lagi rayap yang menjadikan kayu kering sebagai rumah koloni mereka.

7. Semprotkan Cairan Larutan Garam


Semprotkan Cairan Larutan Garam

Sebenarnya ada cara menghilangkan rayap dengan bahan yang ada di dapur. Salah satunya adalah menggunakan garam. Garam yang dapat digunakan adalah garam halus maupun garam kasar. Anda bisa menambahkan garam tersebut dengan air secukupnya. Masukkan dalam botol, lalu semprotkan pada sarang rayap.

Cara lainnya adalah dengan memasukkan kapas ke air garam, tempatkanlah kapas tersebut ke bagian yang dilalui rayap. Larutan ini aman dan tidak akan mengotori tembok rumah karena mudah kering. Selain di tembok, cara ini bisa dilakukan untuk mengusir rayap di area lantai.

Intip juga artikel ini untuk mengetahui beberapa bahan alami pengusir nyamuk agar enggak datang kembali. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang dapat kamu manfaatkan untuk mengusir tikus.

You can share this post!

Related Posts