Ternyata Inilah Film Horor Paling Menakutkan Menurut Studi Ilmiah, Berani Nonton?
Lionsgate
Film

Studi ini dilakukan pada total 50 orang dengan berbagai rentang usia, serta melibatkan penelitian dan pengamatan detak jantung peserta yang dilacak saat menonton lebih dari 100 jam film menakutkan.

WowKeren - Genre horor tentunya masih menjadi salah satu primadona di kalangan para penikmat film di tengah maraknya sajian bertema sci-fi atau rom-com. Pasalnya tak hanya memancing rasa ketakutan dan ngeri, alur cerita film horor biasanya juga mampu membuat penonton terlarut sampai-sampai merasa dihantui, atau bahkan terbawa mimpi.

Bicara soal film horor, belum lama ini sebuah penelitian ilmiah menyebutkan bahwa ada satu judul film yang menjadi tontonan paling menakutkan sepanjang masa. Penelitian yang dijuluki "Science of Scare Project" tersebut dilakukan oleh broadbandchoices.co.uk., serta melibatkan penelitian dan pengamatan detak jantung peserta yang dilacak saat menonton lebih dari 100 jam film menakutkan.

Berdasarkan penelitian tersebut, film karya sutradara kondang Scott Derrickson yakni "Sinister" rupanya dinobatkan sebagai film paling menakutkan sepanjang masa. Studi ini dilakukan pada total 50 orang dengan berbagai rentang usia, dengan "Sinister" muncul sebagai pengalaman sinematik paling menakutkan yang mereka hadapi.

Dilansir dari Cinemags pada Senin (26/10), dalam penelitian tersebut setiap peserta uji dilengkapi dengan monitor detak jantung untuk melihat seberapa besar detak jantung mereka naik rata-rata selama setiap film dibandingkan dengan detak jantung istirahat mereka.


Dirilis pada tahun 2012, "Sinister" sendiri mengikuti kisah penulis kejahatan Ellison Oswald (Ethan Hawke) yang sedang mengalami masalah. Dia tidak memiliki buku terlaris selama lebih dari 10 tahun dan menjadi semakin putus asa untuk sukses.

Jadi, ketika dia menemukan keberadaan film yang menunjukkan kematian sebuah keluarga, dia bersumpah untuk memecahkan misteri itu. Dia memindahkan keluarganya sendiri ke rumah korban dan mulai bekerja. Tapi, ketika cuplikan film lama dan petunjuk lain mengisyaratkan keberadaan kekuatan supernatural, Ellison mengetahui bahwa tinggal di rumah tersebut rupanya malah berakibat fatal.

"Sinister" tercatat berhasil mendulang USD 87,7 juta di box office, yang menjadi raihan tinggi untuk genre horor. Film ini berlanjut ke seri selanjutnya, "Sinister 2", yang dirilis pada 2015. Namun sayangnya, sekuel yang berada di bawah arahan sutradara Ciaran Foy ini tidak sesukses film pertamanya dan hanya mampu meraup USD 54,1 juta.

Di sisi lain, nama Scott Derrickson sendiri dikenal sudah malang melintang dalam industri film horor. Selain "Sinister", sutradara asal Amerika ini juga menggarap sederet film horor lainnya seperti "The Exorcism of Emily Rose" hingga "Deliver Us from Evil".

Film terbarunya adalah "Doctor Strange" yang dirilis pada 2016 lalu. Kendati bukan merupakan film horor, namun Scott Derrickson juga berhasil membawa salah satu film MCU tersebut menuai sukses besar di box office.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts