Anies Siapkan Rencana Ajar untuk SMP-SMA, Ada Materi Omnibus Law
Instagram/aniesbaswedan
Nasional
Pengesahan UU Cipta Kerja

RPP itu sudah disiapkan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Para guru nantinya bisa memanfaatkan RPP ini untuk menyampaikan materi hingga tujuan pembelajaran

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk tingkat SMP, SMA dan SMK. RPP ini diharapkan bisa dijadikan bahan untuk diskusi terkait permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat. Misalnya mengenai Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Ia juga berharap jika RPP ini bisa menjadi pegangan bagi orang tua, guru dan anak-anak peserta didik di Jakarta dalam merangsang pemikiran anak-anak terkait permasalahan bangsa.

"Sehingga situasi yang dibicarakan itu bisa merangsang anak-anak kita," kata Anies saat konferensi pers di Polda Metro Jaya, Senin (26/10). "Untuk peduli pada masalah-masalah yang ada di hadapan bangsa ini."

Adapun RPP itu sudah disiapkan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Para guru nantinya bisa memanfaatkan RPP ini untuk menyampaikan materi hingga tujuan pembelajaran. Ia kemudian menjelaskan RPP untuk jenjang SMP yang memiliki 4 pertemuan.


"RPP itu adalah rencana pelaksanaan pembelajaran untuk SMP, SMA, dan SMK," lanjut Anies. "Jadi dengan adanya RPP ini, para guru sudah langsung punya pegangan. Di sini misalnya untuk SMP itu 4 kali pertemuan."

Melalui RPP ini, guru tidak hanya bisa mengetahui dengan jelas materi pembelajaran, namun juga tujuan, sumber pembelajaran, hingga cara penilaian. Sehingga nantinya pelaksanaan RPP ini nantinya akan terarah

"Jadi bukan hanya sekadar menganjurkan misalnya: jadikan UU Cipta Kerja sebagai materi pembelajaran," sebut Anies. "Kalau hanya dianjurkan begitu, nanti mungkin guru akan mengalami tantangan, bagaimana menerjemahkannya.

Terkait pelaksanaan teknis RPP ini akan disesuaikan dengan kebijakan yang ada di masing-masing instansi sekolah. RPP diharapkan bisa menjadi bahan PJJ antara siswa, guru, dan orang tua murid.

Lebih jauh, ia menekankan jika RPP ini nantinya tidak hanya terbatas bisa digunakan oleh para guru saja. "Kan ini bisa dimanfaatkan oleh siapa saja dan dimana saja. Jadi nanti bahan ini pun bisa digunakan bukan hanya guru di Jakarta, siapapun yang mau pakai juga bisa," ujarnya lagi.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts