Mudah Diterapkan dan Tak Perlu Banyak Biaya, Ini 7 Tips Ampuh Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya
Kuliner

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya? Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya dalam artikel ini.

WowKeren - Daun pepaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi, vitamin serta mineral. Di antaranya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi masalah pencernaan, mengobati demam berdarah serta malaria, menurunkan risiko kanker dan masih banyak lagi.

Sayangnya, daun pepaya memiliki rasa yang cukup pahit hingga membuat orang untuk enggan mengkonsumsinya. Rasa pahit itu sulit untuk dihilangkan dan cukup mengganggu lidah meski daun pepaya telah dimasak dan ditumis.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan memberikan beberapa tips menghilangkan rasa pahit saat memasak daun pepaya. Dengan begitu, Anda bisa menghasilkan masakan yang enak dan bergizi. Tak perlu lama-lama, langsung saja yuk simak tips lengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Rendam dengan Garam Dapur


Rendam dengan Garam Dapur

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya adalah merendamnya dengan garam dapur. Hal ini disebabkan karena rasa asin garam dapat mengurangi rasa pahit daun pepaya. Meski demikian, cara ini tidak akan membuat daun pepaya menjadi asin sehingga kualitas rasanya tetap terjaga.

Cara pengolahannya sangat mudah. Pertama-tama cuci bersih daun pepaya yang akan diolah lalu rendam ke dalam air yang sudah dicampur dengan garam. Biarkan selama sekitar satu jam kemudian tiriskan sambil diremas.

2. Rendam dengan Gula Pasir


Rendam dengan Gula Pasir

Jika sebelumnya garam, cara kedua ini bisa menggunakan gula pasir. Rasa manis dari gula pasir terbukti mampu menetralisir rasa pahit dari daun pepaya. Dengan begitu, Anda bisa mengolahnya menjadi masakan yang lezat dan bergizi.

Sama seperti sebelumnya, pengolahan daun pepaya dengan cara kedua ini juga sangat mudah. Pertama cuci bersih daun pepaya yang hendak diolah kemudian rendam ke dalam mangkuk berisi air gula. Diamkan selama sekitar satu jam lalu olah daun pepaya seperti biasa.

3. Remas Daun Pepaya dengan Air Mengalir


Remas Daun Pepaya dengan Air Mengalir

Tips berikutnya yang WowKeren rekomendasikan ini sangat mudah dilakukan. Meremas daun pepaya di bawah air mengalir dipercaya dapat menghilangkan getah penyebab rasa pahit. Cara ini mungkin tidak dapat menghilangkan rasa pahitnya secara keseluruhan, namun daun pepaya yang Anda olah tidak akan segetir sebelumnya.

Cara pengolahannya pun sangat mudah. Pertama-tama ambil daun pepaya yang akan diolah kemudian remas dengan tangan di bawah air mengalir. Lakukan cara ini selama beberapa menit sampai Anda yakin bahwa getahnya telah luruh. Jika sudah, Anda bisa mengolahnya menjadi masakan seperti biasa.

4. Rebus dengan Asam Jawa


Rebus dengan Asam Jawa

Rasa pahit daun pepaya juga dapat dinetralisir menggunakan asam jawa. Selain itu, bahan alami satu ini juga dapat memperkuat aroma daun pepaya sehingga terasa lebih nikmat saat diolah menjadi masakan tertentu.

Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa pahitnya. Pertama cuci bersih daun pepaya yang akan diolah kemudian rebus bersama asam jawa. Tunggu sekitar 15 -20 menit kemudian tiriskan ke dalam wadah. Setelah itu Anda bisa mengolahnya seperti biasa.

5. Rebus dengan Daun Jambu Biji


Rebus dengan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga bisa Anda jadikan pilihan untuk mengurangi rasa pahit dari daun pepaya. Sebelum mulai mengolah, pertama-tama siapkan beberapa lembar daun biji kemudian cuci bersih dan remas hingga setengah hancur.

Langkah berikutnya adalah cuci bersih daun pepaya di bawah air mengalir sampai bakterinya hilang. Masukkan ke dalam panci berisi air dan remasan daun jambu biji lalu rebus sampai mendidih. Terakhir angkat daun pepaya tersebut, tiriskan lalu olah seperti biasa.

6. Rebus dengan Daun Singkong


Rebus dengan Daun Singkong

Selain daun jambu biji, Anda juga bisa menggunakan daun singkong untuk mengurangi rasa pahit daun pepaya. Tak hanya untuk menetralisir rasa pahit, Anda juga bisa mengkombinasikan kedua daun ini menjadi makanan lezat seperti lalapan, buntil atau campuran gulai.

Cara pengolahannya pun sangat sederhana. Pertama-tama cuci bersih daun pepaya dan daun singkong dengan air mengalir sebelum direbus. Setelah itu rebus kedua daun tersebut sampai teksturnya menjadi empuk. Terakhir, tiriskan dan olah menjadi masakan seperti biasanya.

7. Rebus dengan Campuran Air Tanah Liat


Rebus dengan Campuran Air Tanah Liat

Cara terakhir yang WowKeren rekomendasikan ini tergolong tradisional. Tanah liat dapat Anda gunakan untuk menetralisir rasa pahit dari getah daun pepaya. Cara pengolahannya pun sangat mudah, sebab Anda hanya perlu merebus daun pepaya dengan campuran air dan lempung. Rebus sampai agak empuk kemudian bilas dan rebus lagi dengan air bersih. Bila sudah, Anda bisa mengolahnya seperti biasa.

Demikian tujuh tips menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips memasak kerang agar tidak amis dan alot. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kesalahan paling umum yang dilakukan ketika memasak.

You can share this post!

Related Posts