Hasilkan Hidangan Lezat, Ini 7 Tips Memasak Kerang Agar Tidak Alot dan Berbau Amis
Kuliner

Memasak kerang terkadang cukup rumit. Jika melakukan kesalahan saat memasaknya, hidangan kerang Anda akan alot dan berbau amis. Karena itu, ikuti tujuh tips berikut saat memasak kerang agar menghasilkan hidangan yang lezat.

WowKeren - Jika Anda adalah penggemar seafood, kerang pasti menjadi salah satu hidangan yang enggan Anda lewatkan. Kerang memiliki tekstur yang kenyal serta rasa gurih yang bisa bikin ketagihan. Apalagi jika dibalut dengan bumbu atau saus yang nikmat, Anda pasti ingin memakannya lagi dan lagi.

Namun memasak kerang terkadang membutuhkan waktu yang lama karena cara pengolahannya yang cukup rumit. Bila kerang yang dimasak masih berpasir, rasanya pasti sangat tidak enak. Apalagi jika bau amisnya masih tertinggal dan teksturnya masih cukup alot, impian makan kerang yang enak pun akan sirna begitu saja.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan menghadirkan beberapa tips memasak kerang agar tidak berbau amis, berpasir dan alot agar kita bisa menghasilkan hidangan yang lezat. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Pilih Kerang yang Segar


Pilih Kerang yang Segar

Sebelum mulai memasak, pemilihan kerang itu sendiri juga penting diperhatikan. Pastikan untuk memilih kerang yang segar supaya masakan Anda nantinya tidak berbau amis dan bau lumpur.

Secara umum, kerang yang masih segar memiliki beberapa ciri tertentu yang mudah kita kenali. Yakni tidak berbau, tidak berlendir serta cangkangnya masih terutup rapat atau tidak memiliki celah. Jika Anda ingin membeli kerang kupas, sebaiknya pilih kerang yang masih segar, baik dari segi bau maupun teksturnya, serta memiliki warna yang cerah alami.

2. Cuci dengan Air Mengalir


Cuci dengan Air Mengalir

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mencuci kerang yang akan dimasak di bawah air yang mengalir. Karena meskipun Anda membeli kerang di supermarket sekalipun, bukan berarti kebersihannya benar-benar terjaga. Sehingga alangkah lebih baik untuk membersihkan kerang secara menyeluruh agar kita bisa menyingkirkan kotoran yang masih menempel pada cangkangnya.

Saat mencuci kerang, usahakan untuk menggosoknya menggunakan spons. Alat satu ini akan sangat membantu kita untuk mengikis kotoran atau bekas lumpur yang telah mengeras dan sulit dibersihkan. Bila Anda sangat kesulitan dalam membersihkannya, pastikan untuk menggunakan bagian yang kasar dari spons agar hasilnya bisa maksimal.

3. Rendam dengan Air Jeruk Nipis Atau Air Garam


Rendam dengan Air Jeruk Nipis Atau Air Garam

Pada dasarnya memasak kerang hampir mirip dengan cara mengolah ikan. Untuk menghilangkan baunya yang amis, Anda bisa menggunakan air jeruk nipis atau lemon. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya rendam seluruh bagian kerang dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah direndam, bilas kerang sampai bersih lalu masak seperti biasa.

Selain jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan air garam untuk merendam kerang guna menghilangkan pasir yang masih tersisa di dalam tubuhnya. Caranya pun sangat mudah, sebab Anda hanya perlu mencampurkan air dan garam lalu rendam kerang di dalamnya selama sekitar 30 menit. Seperti sebelumnya, pastikan untuk membilasnya dulu sebelum dimasak.

4. Langsung Masak setelah Daging Kerang Dikeluarkan dari Cangkangnya


Langsung Masak setelah Daging Kerang Dikeluarkan dari Cangkangnya

Tips ini khusus untuk Anda yang memasak kerang tiram. Jika kerang sudah dikeluarkan dari cangkangnya, pastikan untuk langsung memasaknya agar kesegarannya tetap terjaga. Namun bila belum ingin memasaknya, sebaiknya jangan lepas kerang tiram dari cangkangnya agar tidak menimbulkan bau amis saat dimasak.

Selain itu, usahakan untuk selalu menggunakan pisau khusus pengupas daging kerang. Sebab jika Anda menggunakan pisau yang tajam, kerang akan lebih sulit terbuka dan pisau bisa menjadi tumpul. Tak hanya itu, sebab daging kerang tiram juga akan rusak dan mudah hancur.

5. Beri Tambahan Rempah


Beri Tambahan Rempah

Kerang masih berpotensi menimbulkan bau amis meski sudah direndam dengan air jeruk selama 30 menit. Oleh karena itu, sebaiknya beri tambahan berbagai bumbu rempah pada masakan kerang agar bau amis dan bau lumpurnya benar-benar hilang.

Anda bisa menggunakan berbagai rempah seperti jahe, merica, ketumbar, bawang merah, bawang putih dan lain sebagainya. Untuk memasaknya, Anda bisa memotong jahe menjadi beberapa bagian kecil lalu masukkan ke dalam air rebusan kerang atau menaburkan irisan bawang merah dan bawang putih ke atasnya. Selain itu, Anda juga bisa memadukan beberapa rempah yang telah dihaluskan sebagai bumbu pelezat hidangan kerang.

6. Masak dengan Api Kecil


Masak dengan Api Kecil

Salah satu penyebab kerang terasa amis saat disantap adalah karena dimasak dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini bisa terjadi jika Anda memasak kerang dengan api besar yang membuatnya cepat matang namun bumbu tidak meresap dengan sempurna. Oleh sebab itu, pastikan untuk memasak kerang dengan api kecil ya agar bumbu bisa meresap dengan sempurna dan bau amisnya hilang.

Namun bukan berarti Anda bisa memasaknya terlalu lama, sebab hal ini bisa membuat daging kerang mengkerut dan menjadi alot. Bila cangkangnya sudah terbuka, sebaiknya segera matikan api dan dinginkan terlebih dahulu sebelum dihidangkan.

7. Tutup Panci Rapat-Rapat Saat Kerang Dimasak


Tutup Panci Rapat-Rapat Saat Kerang Dimasak

Selama proses perebusan, pastikan Anda menutup panci dengan rapat tanpa membukanya sampai benar-benar matang. Cara ini bertujuan agar uap yang ada di dalam panci tidak keluar dan menganggu proses pemasakan tersebut. Dengan begitu, kerang akan matang secara menyeluruh dan bumbunya bisa terserap sempurna.

Demikian tujuh tips memasak kerang agar tidak amis dan alot yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips memasak ikan salmon agar tetap lezat dan sehat. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kesalahan paling umum yang dilakukan ketika memasak.

You can share this post!

Related Posts