Meksiko Temukan 59 Jasad di Kuburan Massal Rahasia, Terkait Perang Kartel Narkoba?
Reuters/Mike Blake
Nasional

Penemuan terjadi di Kota Salvatierra di negara bagian Guanajuato. Di tempat ini tingkat pembunuhan melonjak di tengah perang wilayah yang berkecamuk antara para kartel narkoba

WowKeren - Sebanyak 59 sisa jenazah telah ditemukan di kuburan massal rahasia yang ada di wilayah Meksiko tengah, di negara bagian Guanajuato. Daerah ini merupakan salah satu negara bagian paling keras di Meksiko.

Dilansir Reuters, wilayah ini telah menjadi yang paling menderita akibat kekerasan terkait narkoba selama beberapa tahun terakhir. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh pihak otoritas nasional.

Penemuan itu terjadi di Kota Salvatierra di negara bagian Guanajuato. Di tempat ini tingkat pembunuhan telah melonjak di tengah perang wilayah yang berkecamuk antara para kartel narkoba yang tengah bersaing.

Karla Quintana, kepala Komisi Pencarian Nasional Meksiko, menyatakan jika jasad tersebut terdiri dari dari wanita. Setidaknya 10 mayat adalah wanita dan sebagian besar berusia sangat mudah bahkan remaja.

"Sebagian besar tubuh tampaknya orang muda," beberapa kata dia seperti dilansir dari Al Jazeerah. "Sangat muda, mungkin di antara mereka remaja."


Penemuan ini menyusul adanya pengaduan dari para kerabat orang hilang yang kian meningkat akhir-akhir ini. Kuburan ini merupakan kuburan rahasia terbesar di Guanajuato.

"Kami punya sejumlah progres yang lebih positif," kata Karla seperti dilansir Reuters, Jumat (30/10). "Yang dengannya kami akan terus bekerja di sini sampai kami menyelesaikan pekerjaan."

Selama periode Januari hingga Agustus tahun ini, Guanajuato telah mencatat sedikitnya 2.250 kasus pembunuhan. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 25 persen dibandingkan tahun lalu di periode yang sama.

Sementara itu, kondisi bisnis narkoba di Amerika turut terdampak dari adanya pandemi. Adanya lockdown yang diberlakukan membuat bisnis obat terlarang ini mulai berguguran.

Adanya kebijakan lockdown menyebabkan transaksi narkoba terutama antar negara menjadi lebih sulit dilakukan. Sehingga banyak transaksi ilegal nan mencurigakan yang berhasil ditangkap oleh polisi.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts