Kirim Surat ke Kim Jong Un, Xi Jinping Ingin Perkuat Hubungan Tiongkok-Korea Utara
Getty Images
Dunia

Xi Jinping menyatakan Tiongkok bersedia mengembangkan hubungan yang bersahabat dan panjang bersama Korea Utara, sembari mencoba membuat keadaan lebih sejahtera bagi kedua negara.

WowKeren - Presiden Tiongkok Xi Jinping melayangkan surat kepada Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, untuk memperkuat komitmen hubungan antara kedua negara.

"Saya dan Pimpinan Kim telah menjalin hubungan antara kedua pihak dan negara untuk memasuki periode bersejarah baru melalui komunikasi yang erat dan mendalam selama beberapa tahun terakhir," kata Xi Jinping seperti dikutip dari CNN.

Xi Jinping menyatakan bahwa penguatan hubungan ini diperlukan di tengah dunia yang saat ini mengalami perubahan cepat dan besar. Presiden Tiongkok tersebut tak merinci perubahan cepat di dunia yang ia maksud. Namun, Xi Jinping diperkirakan menyinggung masalah pandemi Covid-19 di dunia serta peningkatan persaingan antara Tiongkok dan Amerika Serikat.

Dalam surat itu, Xi Jinping juga menyatakan Tiongkok bersedia mengembangkan hubungan yang bersahabat dan panjang bersama Korea Utara, sembari mencoba membuat keadaan lebih sejahtera bagi kedua negara. "Dengan kesejahteraan yang lebih baik serta mendorong perdamaian, stabilitas, dan pembangunan kawasan," lanjutnya.

Xi Jinping melontarkan pernyataan ini setelah Kim Jong Un mengirimkan pesan dalam rangka merayakan Hari Nasional Tiongkok ke-71 pada awal Oktober.


Dilansir kantor berita Yonhap, pesan tersebut bertujuan memperlihatkan hubungan bilateral kuat kedua negara di tengah persaingan yang semakin mendalam antara Tiongkok dan Amerika Serikat setelah menghentikan pembicaraan denuklirisasi.

Balasan surat dari Xi Jinping kepada Kim Jong Un juga dikirimkan beberapa hari jelang pemilihan presiden AS yang akan digelar pada 3 November. Pesan Xi Jinping menjadi surat keempat dalam saling balas pesan bersama Kim Jong Un dalam satu bulan terakhir.

Pekan lalu, Kim Jong Un juga mengunjungi pemakaman tentara Tiongkok yang gugur dalam Perang Korea pada 1950-1953. Kunjungan ini dalam rangka peringatan 70 tahun partisipasi mereka dalam konflik tersebut.

Baru-baru ini, Xi Jinping juga memuji Pyongyang atas keberhasilan besar dalam pembangunan sosialis. Hal itu disampaikan dalam hari peringatan 75 tahun Partai Pekerja Korea Utara berdiri.

Xi Jinping turut menyuarakan keyakinannya bahwa Korea Utara mampu membawa garis strategis baru dan mencapai kesuksesan besar dalam pembangunan negaranya. Dengan demikian, mereka bisa menyambut kongres partai yang dijadwalkan awal tahun depan.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait