Dorong Transportasi Ramah Lingkungan, Kemenhub Mau Bangun Tol Sepeda Seperti Tiongkok
Reuters/Jim Young
Nasional

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan jika saat ini sudah mulai banyak pemerintah daerah yang melirik pembangunan jalur khusus sepeda.

WowKeren - Transportasi sepeda kian digemari di tengah masyarakat. Hal itu terlihat dari semakin maraknya pengguna sepeda di kota-kota besar.

Kementerian Perhubungan RI pun ingin memfasilitasi warga pengguna sepeda dengan membangun jalur khusus. Jalur khusus ini rencananya akan dibangun menyerupai tol sepeda seperti yang ada di Tiongkok.

Terkait rencana ini, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi telah berkomunikasi dengan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR). "Mudah-mudahan akan segera terealisasi, sehingga apa yang pernah disebut jalan tol sepeda di China (Tiongkok) kita harapkan di Indonesia mulai terbangun juga," kata Budi dalam Webinar, Rabu (18/11).

Dengan dibangunnya tol khusus pesepeda ini, Kemenhub berharap agar pengguna transportasi ramah lingkungan ini terus meningkat ke depannya. Tak menutup kemungkinan masyarakat Indonesia bakal menggunakan sepeda sebagai alat transportasi seperti di negara-negara maju misalnya Jepang, negara di Eropa, Belanda, dan negara luar lainnya.


Kabar baiknya lagi, Budi mengatakan jika saat ini sudah mulai banyak pemerintah daerah yang melirik pembangunan jalur khusus sepeda. Sehingga bukan tidak mungkin ke depannya sepeda bisa menjadi transportasi perkotaan. "Dengan demikian mimpi kita bahwa sepeda nanti akan menjadi backbone untuk transportasi perkotaan kita dapat terwujud," ujar Budi.

Tak hanya itu, pemakaian sepeda untuk transportasi sehari-hari akan berdampak banyak pada pengurangan emisi gas kendaraan bermotor. Yang pada akhirnya akan menurunkan tingkat polusi udara.

"Kita harapkan penggunaan sepeda tidak hanya untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya Sabtu-Minggu saja," lanjutnya. "Tapi juga kegiatan-kegiatan yang lebih ekonomis, seperti ke sekolah, kantor, dan sebagainya."

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta agar LRT Jabodebek bisa terhubung degan moda transportasi lain. Ia ingin ke depannya, mode transportasi ini ramah untuk pengguna sepeda. Untuk mendukung kampanye sepeda sebagai alat transportasi, Budi meminta agar pemangku kepentingan nantinya bisa membuat kebijakan agar pengguna sepeda bisa naik LRT tanpa harus membayar tiket.

(wk/zodi)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait