7 Tips Atasi Bau Apek Dan Lembab Pada Kamar Tidur, Udara Segar Tidur Pun Nyaman!
pexels.com/Dmitry Zvolskiy
SerbaSerbi

Kelembaban dalam kamar ini menimbulkan aroma yang apek hingga menyesakkan pernapasan. Selain itu kamar yang lembab juga bisa menimbulkan tumbuhnya jamur.

WowKeren - Kamar tidur menjadi salah satu ruangan yang paling sering ditempati. Tak heran banyak orang yang ingin membuat kamar mereka senyaman mungkin. Namun ada kalanya, kamar memiliki aroma yang tak sedap. Beberapa bau tak sedap muncul karena banyak alasan seperti minim sirkulasi udara hingga tembok yang lembab.

Tembok kamar yang lembab ini tentu sangat mengganggu. Tak jarang kelembaban dalam kamar ini menimbulkan aroma yang apek hingga menyesakkan pernapasan. Selain itu kamar yang lembab juga bisa menimbulkan tumbuhnya jamur yang tentu saja tak baik untuk kesehatan.

Jika tiba-tiba berbagai bau tidak sedap muncul di dalam ruangan kamar, kira-kira-kira apa yang harus dilakukan? Berikut tim WowKeren rangkum 7 tips mengatasinya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Atur Sirkulasi Udara


Atur Sirkulasi Udara
pexels.com/Alessio Cesario

Ruangan dengan udara lembap bisa menjadi penyebab bau ruangan, yang biasanya akan menimbulkan bau apek yang sangat mengganggu. Udara ruangan yang lembap biasanya disebabkan oleh berbagai hal seperti ventilasi yang buruk, faktor cuaca, atap rumah yang bocor, hingga tembok rumah yang menyerap terlalu banyak air saat hujan.

Beberapa solusi yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya, yaitu rutin membuka pintu atau jendela rumah hingga melakukan renovasi untuk memastikan sirkulasi udara di dalam ruangan bekerja dengan baik. Selain itu, sebisa mungkin bukalah jendela setiap pagi dan sore hari agar terjadi pertukaran udara di dalam ruangan. Jika tidak ada jendela di kamar tidur, siasati dengan membuka pintu kamar.

2. Singkirkan Tumpukan Baju Kotor


Singkirkan Tumpukan Baju Kotor
pexels.com/Andrea Piacquadio

Coba perhatikan lagi semua baju yang tergantung di balik pintu kamar tidur. Pastikan tidak ada baju yang telah terkena keringat. Selain itu, sebisa mungkin, kurangi menggunakan baju berulang kali. Baju yang sudah terkena keringat, bisa menimbulkan bau yang menyebar ke seluruh bagian kamar tidur, begitu pula dengan handuk. Jangan pernah menggantung handuk yang sudah dipakai di dalam kamar ya.

Selain itu, pastikan juga baju yang kalian masukkan ke lemari sudah kering sempurna. Baju yang masih setengah basah jika terpaksa harus diangkat sebelum waktunya dan disimpan di dalam kamar akan menimbulkan bau apek. Jika terpaksa mengangkat jemuran yang tidak kering, maka sebaiknya lanjutkan penjemuran di dalam kamar mandi sampai tidak ada air yang menetes lagi. Setelahnya angin-anginkan di tempat yang bersirkulasi udara baik.

3. Pajang Tanaman Hias Penyaring Udara


Pajang Tanaman Hias Penyaring Udara
pexels.com/Daria Shevtsova

Tidak hanya sebagai dekorasi, tanaman hias juga berguna untuk menyerap bau tak sedap. Beberapa tanaman penyerap bau yang biasa digunakan adalah lidah mertua, peach lily, dan geranium. Letakkan di sudut-sudut ruangan atau di area rak dekorasi.

Kalian juga bisa memanfaatkan daun-daunan wangi seperti pandan atau mint. daun pandan berguna juga untuk menghilangkan bau tak sedap. Iris daun pandan dan masukkan ke dalam wadah terbuka. Letakkan wadah di meja dekat kasur Dengan begitu, kalian bisa menikmati aroma pandan sepanjang hari saat istirahat.

4. Taburkan Bubuk Kopi


Taburkan Bubuk Kopi
pexels.com/samer daboul

Bau tak sedap yang muncul karena kamar lembab akan tetap ada dalam jangka waktu yang lama meski bangkai sudah lama. Bubuk kopi bisa jadi cara untuk menghilangkan bau tersebut. Hal ini sudah dibuktikan dengan banyaknya penggunaan bubuk kopi untuk menghilangkan bau bekas renovasi yang dilakukan jasa desain rumah.

Letakkan bubuk kopi di sudut-sudut kamar agar bau tak sedap segera hilang. Tak hanya dikarenakan bau apek, kalian bisa menggunakan bubuk kopi untuk membasmi bau tak sedap lainnya seperti bau busuk karena bangkai binatang atau kotoran hewan.

5. Gunakan Lilin Aromaterapi


Gunakan Lilin Aromaterapi
pexels.com/Taryn Elliott

Aroma yang dihasilkan oleh aromaterapi dipercaya dapat memberantas bau tidak sedap yang berada di dalam kamar. Kali ini cobalah menggunakan lilin aromaterapi sebagai pilihan untuk memberikan kenyamanan sebelum kalian tidur.

Tentunya bahan-bahan dari lilin tersebut dihasilkan dari produk alami seperti lidah buaya, anggrek, sari-sari buah dan berbagai jenis tumbuhan lainnya. Bagi kalian yang menyukai harum lilin bernuansa eksotis, cobalah menggunakan produk lilin dengan aksen segar dari buah citrus dan dilengkapi dengan aroma bunga.

6. Rajin Ganti Sprei Kasur


Rajin Ganti Sprei Kasur
pexels.com/Castorly Stock

Tanpa disadari, kasur tempat kamu tidur dapat menimbulkan aroma tidak sedap jika jarang dibersihkan. Aroma tidak sedap dari kasur ini bahkan bisa memengaruhi bau seluruh kamar loh. Penyebab bau kasur sendiri bermacam-macam, mulai dari kamar yang lembap, keringat, ompol, dan sisa makanan.

Oleh karena itu, kalian harus mengganti sprei maksimal sebulan sekali untuk mengatasi bau kasur. Kalau dirasa kamar kamu memang lembap, maka tak ada salahnya untuk mengganti seprai setiap dua minggu sekali.

7. Pakai Baking Soda


Pakai Baking Soda
pixabay.com

Aroma ruang tidur yang berbau apek, tentu akan menganggu kenyamanan saat beristirahat di rumah. Untuk menghilangkan aroma tak sedap tersebut, kalian bisa menggunakan pengharum ruangan alami yang tidak mengandung bahan kimia seperti baking soda.

Caranya cukup campurkan baking soda dengan tetesan minyak esensial ke dalam wadah stoples. Tutup stoples dengan kertas dan diberi lubang dengan jarum dan letakkan di sudut ruangan. Pengharum ruangan alami ini akan menyerap bau yang ada di dalam kamar.

Selain menghilangkan bau tak sedap di ruangan, intip juga artikel ini untuk mengetahui fungsi lain dari baking soda yang jarang kalian ketahui. Simak juga artikel ini untuk mengetahui life hack hand sanitizer selain untuk membersihkan tangan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru