Makanan Sehat Dan Kaya Gizi, Yogurt Ternyata Punya 7 Manfaat Ini Untuk Kecantikan Kulit Kalian
Lifestyle

Kandungan gizi yogurt yang lengkap, membuat salah satu produk olahan susu ini memiliki manfaat untuk kesehatan. Tak hanya itu, Yogurt rupanya juga memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan loh.

WowKeren - Kalian mungkin sudah tak asing lagi dengan yogurt. Banyak orang yang menggunkanan makanan ini sebagai hidangan untuk berdiet. Yoghurt adalah salah satu minuman olahan susu yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Susu yang diolah menjadi yoghurt berubah rasanya menjadi asam segar dan memiliki banyak sekali probiotik yang bermanfaat.

Kandungan yoghurt terdapat protein dengan jumlah yang cukup besar. Bahkan, di beberapa produk yoghurt terdapat beberapa jenis protein seperti casein dan juga whey. Yoghurt mengandung banyak vitamin dan mineral. Setiap yoghurt yang Anda minum, nutrisi seperti vitamin B12 akan didapatkan.

Kandungan gizi yogurt yang lengkap, membuat salah satu produk olahan susu ini memiliki manfaat untuk kesehatan. Tak hanya itu, Yogurt rupanya juga memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan loh. Berikut tim WowKeren rangkum 7 manfaatnya untuk kecantikan. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Mengatasi Jerawat


Mengatasi Jerawat

Manfaat yoghurt untuk kulit juga dapat diaplikasikan pada masalah selain kulit kusam. Kandungan zinc dan senyawa asam pada yoghurt, salah satunya, dapat membantu Anda mengatasi masalah jerawat yang membandel.

Caranya cukup dengan menempelkan kapas ke yoghurt tawar, lalu oleskan pada area yang berjerawat. Biarkan selama semalam, lalu bilas dengan air dingin esok harinya. Untuk mencegah penyebaran jerawat, gunakan kapas hanya pada satu area saja.

2. Menyamarkan Lingkaran Hitam Di Mata


Menyamarkan Lingkaran Hitam Di Mata

Berkat kandungan zinc yang ada dalam yoghurt, terbukti ampuh untuk mencerahkan kulit. Sehingga dapat mengurangi lingkaran hitam pada area di sekitar mata kalian. Selain itu, kandungan anti-peradangan dalam yoghurt dapat mengurangi bengkak di bawah mata, serta asam laktat bantu kurangi lingkaran hitam tersebut.

Cara mengaplikasikannya pun mudah, cukup oleskan yoghurt pada bagian bawah mata, pijat secara lembut, diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Namun pastikan kalian memilih plain yoghurt ya!

3. Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah


Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

Manfaat yoghurt untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu menghilangkan noda gelap, seperti bekas jerawat, di wajah. Kombinasikan yoghurt dan perasan air lemon dapat untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal. Siapkan 1 sendok makan yoghurt dan ½ sendok teh perasan air lemon.

Campur keduanya di dalam mangkok, kemudian oleskan pada jerawat. Biarkan selama 15 menit, lalu basuh dengan air dingin. Asam laktat dalam yoghurt akan membuang lapisan kulit terluar yang akan membantu lapisan kulit di bawah untuk naik ke atas, sehingga akan menghilangkan noda pada wajah.

4. Melembabkan Kulit


Melembabkan Kulit

Dari seratus gram yoghurt tawar, 88 gram di antaranya adalah air. Tingginya kadar air dalam yoghurt dapat membantu kalian melembapkan kembali kulit yang kusam dan kering. Hasilnya adalah kulit wajah yang kenyal, elastis, dan lebih cerah.

Siapkan 4 sendok makan yoghurt tawar, 1 sendok makan bubuk cokelat, dan 1 sendok makan madu. Masukkan semua bahan dalam mangkuk dan aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan pada seluruh wajah dan leher dan diamkan selama 30 menit. Bilas hingga bersih, lalu keringkan wajah kalian dengan handuk.

5. Menyamarkan Garis Halus


Menyamarkan Garis Halus

Kerutan dan garis pada wajah juga dapat diatasi dengan menggunakan manfaat yogurt untuk kecantikan. Kandungan asam laktat yang terkandung dalam yogurt berguna untuk eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Menggunakan yoghurt dapat membantu proses regenerasi kulit, sehingga mengatasi penuaan dini.

Kalian bisa mengurangi tanda-tanda penuaan dini dengan menggunakan scrub yang terbuat dari yoghurt. Gunakan scrub ini sekali seminggu untuk mendapatkan manfaat masker yogurt untuk kecantikan.

6. Mengobati Luka Sunburn


Mengobati Luka Sunburn

Sebuah penelitian dari International Journal of Women's Dermatology di tahun 2015 menunjukkan bahwa yogurt bisa membantu untuk meminimalisir efek negatif yang mungkin saja timbul saat kulit terkena paparan dari sinat matahari. Dalam penelitian ini ia menemukan bahwa yogurt bisa membangun proteksi di dalam kulit sehingga sinar matahari tak lagi jadi masalah untuk kulit.

Kandungan zinc dalam masker yogurt dapat meredakan sensasi terbakar dan gatal akibat sunburn. Tak hanya itu, masker yogurt juga bisa mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit wajah. Cukup dengan mengoleskan yoghurt dingin ke kulit Anda, diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air dingin.

7. Melembabkan Rambut


Melembabkan Rambut

Manfaat yogurt untuk kecantikan juga tak hanya untuk wajah, namun juga untuk rambut. Yogurt bisa jadi alternatif penggunaan kondisioner agar rambut lebuh mudah diatur. Bukan tanpa alasan, kandungan yang terdapat dalam yogurt dapat melembapkan dan mengatasi rambut yang kering dan rusak.

Caranya, campurkan 4 sendok teh yogurt, 2 sendok teh gel aloe vera, serta 2 sendok teh minyak kelapa, ke dalam mangkok. Oleskan pada helaian rambut kamu dan diamkan selama 1 jam. Kemudian, basuh rambut dengan menggunakan sampo.

You can share this post!

Related Posts