7 Tips Alami Mengusir Kutu Kasur Yang Membandel, Tidur Jadi Kembali Nyenyak Bebas Gatal!
SerbaSerbi

Walaupun tidak menimbulkan masalah yang serius karena bukan inang dari penyakit lain, reaksi yang ditimbulkan tubuh ketika digigit biasanya sangat gatal dan mengganggu.

WowKeren - Ketika kalian sering mengalami gatal ketika tidur, bisa jadi tempat tidur kalian menjadi sarang dari kutu kasur. Sesuai namanya, kutu yang biasanya menghuni kasur atau sofa manusia. Kutu ini meminum darah dari hewan berdarah panas (seperti manusia) sebagai sumber energi.

Kutu kasur adalah serangga yang cukup bandel, karena masih tetap bertahan hidup jika tidak ada darah, atau jika berada pada suhu di bawah 12oC dengan cara menjadi lebih pasif dalam pergerakannya. Kutu kasur tinggal di kondisi tempat tidur yang kotor maupun bersih.

Kutu juga cenderung berada di tempat tidur yang biasanya dihuni secara bergantian, seperti tempat tidur di hotel. Walaupun tidak menimbulkan masalah yang serius karena bukan inang dari penyakit lain, reaksi yang ditimbulkan tubuh ketika digigit biasanya sangat gatal dan mengganggu. Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum 7 cara alami untuk mengusir kutu kasur. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Jemur Kasur


Jemur Kasur

Hal sederhana namun cukup berpengaruh pada kebersihan kasur adalah dengan menjemurnya. Jemurlah kasur, bantal, guling dan selimut di bawah sinar matahari langsung. Hal ini selain membuat suhu kasur menjadi meningkat, hal ini juga membuat kelembaban kasur berkurang.

Kutu kasur suka tinggal di kasur yang lembab, sehingga jika kasur tidak kering kutu akan pergi dengan sendirian. Sebelum menjemur, sebaiknya pindahkan barang-barang yang ada di kamar agar debu dan tungai tidak menyebar ke tempat lain saat proses penjemuran.

2. Semprotkan Campuran Minyak Tanah Dan Kapur Barus


Semprotkan Campuran Minyak Tanah Dan Kapur Barus

Kalian bisa menghilangkan kutu kasur dengan menggunakan minyak tanah dan kapur barus. Caranya dengan mencampur minyak tanah dan kapur barus lalu semprotkan ke area-area yang menjadi sarang tungau, atau kutu busuk. Campuran ini ampuh dalam membunuh kutu kasur dan sangat praktis karena menggunakan bahan yang mudah didapat.

Kalian juga bisa menggunakan kapur ajaib dalam membasmi keberadaan kutu kasur pada ruang tidur. Caranya tergolong mudah, cukup oleskan kapur ajaib pada tempat-tempat yang terpapar kutu kasur seperti tempat tidur atau sudut-sudut lain. Namun, jangan sering-sering menggunakan cara ini ya.

3. Cuci Dengan Air Panas


Cuci Dengan Air Panas

Untuk menghilangkan kutu kasur kalian juga bisa mencuci barang dengan air panas. Kalian dapat mencampur air panas dengan sabun antibakteri, kemudian bersihkan kasur, bantal dan guling. Setelah bersih, keringkan di bawah sinar matahari langsung.

Selain itu, penguapan menggunakan ketel listrik juga bisa menghilangkan kutu kasur. Kalian dapat menggunakan ketel listrik, lalu tambahkan selang kecil dan uapkan ke sepanjang jahitan kasur. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela kasur. Usahakan agar semua sudut mendapatkan uap panas.

4. Gunakan Semprotan Cuka


Gunakan Semprotan Cuka

Bahan yang satu ini pasti ada di dapur kalian. Cuka adalah penyedap rasa yang dapat diandalkan untuk menambah keasaman makanan. Tidak hanya untuk menyedapkan makanan, cuka juga bisa diandalkan untuk membasmi kutu kasur lho.

Cuka adalah salah satu bahan yang cukup multifungsi. Cukup semprotkan cuka ke tempat bersarang kutu kasur. Maka kutu dan telurnya pun akan cepat mati. Cuka tak perlu di campur air untuk bahan yang satu ini. Cukup dengan pindahkan ke botol semprot.

5. Menaburkan Gel Silika


Menaburkan Gel Silika

Gel silika adalah butiran berpori yang dibuat secara sintetis dari natrium silikat. Butiran ini bisa kalian dapatkan ketika Mama membeli barang-barang tertentu, seperti sepatu, tas, ataupun makanan kering. Gel silika dapat dimanfaatkan untuk membasmi kutu kasur.

Taburkan di seluruh ruangan dan kasur, kutu kasur pun akan menempel pada gel ini dan mati dengan sendirinya. Tapi, jika kalian memiliki anak yang masih kecil atau memelihara hewan peliharaan di rumah, jangan gunakan cara ini. Pasalnya, gel silica bisa saja tertelan. Gel silika tidak boleh tertelan karena bisa menyebabkan dehidrasi.

6. Manfaatkan Air Garam


Manfaatkan Air Garam

Selain cuka, garam juga merupakan bahan yang mudah ditemukan di rumah. Kalian juga bisa memanfaatkan garam untuk membasmi kutu kasur yang membandel loh. Caranya juga cukup mudah dan sederhana.

Campurkan garam dan air lalu masukkan ke botol semprot. Lalu, semprotkan campuran tersebut ke kasur dan area lain yang menjadi sarang tungau. Campuran ini cukup sederhana dan tentu bisa dengan mudah dibuat dirumah kan.

7. Usir Dengan Kulit Durian


Usir Dengan Kulit Durian

Tidak hanya buahnya yang enak, kulit durian juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir kutu kasur. Kalian hanya perlu meletakannya di sarang kutu kasur. Bau menyengat dari kulit durian pun akan membasmi hama tersebut.

Oleh karena itu, jangan langsung buang kulit durian setelah memakan buahnya ya. Tapi kalau menggunakan cara ini, kamar kalian juga akan dipenuhi bau durian. Jadi, kalau kalian tidak suka buah durian, sebaiknya pilih cara lain.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait