Penuh Haru, Deretan Film Ini Ulas Lebih Dalam Soal Kehidupan Pilu Mendiang Putri Diana
Getty Images
Film

Kisah tentang mendiang Putri Diana memang banyak menarik perhatian publik. Sebagian besar menceritakan kehidupan rumah tangganya dengan Charles, serta kematian tragisnya pada 1997.

WowKeren - Serial "The Crown" musim ke-4 di Netflix memang sangat mencuri perhatian lantaran menampilkan sosok Putri Diana yang mulai menjadi bagian dari keluarga Kerajaan Inggris. Selain itu, serial ini juga menampilkan fakta-fakta menarik tentang Putri Diana yang sebelumnya belum pernah diekspos oleh media.

Namun, jauh sebelum karakter Diana muncul di "The Crown", kisah hidup sang Princess of Wales lebih dulu diangkat ke sejumlah proyek lainnya. Sebagian besar menceritakan kehidupan rumah tangga Diana dan Pangeran Charles, serta kematian tragis Diana pada 1997.

Diana dan Charles diketahui bertemu pertama kali pada 1977 dan kemudian menjalin hubungan. Akan tetapi, hubungan tersebut rupanya tak berjalan mulus meskipun keduanya naik ke pelaminan pada 1981.


Pasangan Prince dan Princess of Wales tersebut kemudian berpisah pada 1992 dan resmi bercerai pada 1996. Pangeran Charles kemudian menikah dengan Camilla pada 9 April 2005 setelah bertemu pada tahun 1971. Pasangan tersebut menghidupkan kembali asmara mereka, usai pernikahan Pangeran Charles mulai bergejolak dengan Putri Diana.

Selain itu, segala detail soal masa lalu mendiang Putri Diana juga kembali diulik oleh publik seiring dengan tuntutan penyelidikan wawancara kontroversial sang Princess of Wales dengan BBC Panorama pada 1995 silam. Penyelidikan baru untuk menguak bagaimana BBC bisa mendapatkan wawancara bersama Putri Diana mulai dilakukan lantaran muncul tuduhan bahwa sang Princess of Wales dijebak agar wawancara itu bisa terjadi.

Nah, berikut adalah deretan film yang mengupas lebih dalam tentang kehidupan sang People's Princess.

(wk/luth)

1. Charles & Diana: A Royal Love Story


Charles & Diana: A Royal Love Story
St. Lorraine Productions

"Charles & Diana: A Royal Love Story" merupakan dramatisasi romansa dan pernikahan Pangeran Charles dan Lady Diana Spencer pada Juli 1981. Di sini, penonton seolah diajak menyaksikan secara langsung pernikahan tersebut, mulai dari awal prosesi hingga resepsi.

2. Charles dan Diana: Unhappily Ever After


Charles dan Diana: Unhappily Ever After
Konigsberg/Sanitsky Company

"Charles dan Diana: Unhappily Ever After adalah sebuah sajian dramatis menceritakan kisah kehidupan nyata tentang kegagalan pernikahan Charles, Pangeran Wales, dan Diana. Juga beberapa fakta mengenai kehidupan rumah tangga Diana yang ternyata tak bahagia.

3. Diana: Her True Story


Diana: Her True Story
Martin Poll Productions

"Diana: Her True Story" adalah biopik mengenai kisah nyata Diana, saat dia merasa berada di masa terendah dalam hidup, juga kegagalan pernikahannya. Rupanya rumah tangganya dengan Pangeran Charles diketahui telah lama bermasalah, sebelum akhirnya bercerai.

4. Diana: A Tribute to the People's Princess


Diana: A Tribute to the People's Princess
LIVE TV

Film ini menceritakan kisah Putri Diana, mengikuti kegiatannya dari Mei 1996 hingga kecelakaan fatal pada Agustus 1997.

Film ini berfokus pada hubungan cintanya dengan seorang ahli bedah jantung Pakistan dan Dodi Al Fayed, dalam pertarungannya dengan pers, pekerjaan amalnya, dan hubungannya dengan kedua putranya, Pangeran William dan Harry. Film berakhir dengan catatan bahwa Diana ternyata telah menerima lamaran pernikahan dari Dodi ketika kecelakaan itu terjadi.

5. The Queen


The Queen
Pathé Pictures International

"The Queen", film biografi tahun 2006 yang menggambarkan kematian Diana, Princess of Wales pada 31 Agustus 1997. Awalnya, keluarga kerajaan Inggris menganggap kematian Diana sudah bukan menjadi urusan Kerajaan Inggris. Apalagi sejak Diana bercerai dari Pangeran Charles, proses kematian Diana tidak diperlakukan upcara resmi secara kerajaan.

6. The Murder of Princess Diana


The Murder of Princess Diana
Lifetime Television

"The Murder of Princess Diana" adalah sebuah kisah fiksi tentang peristiwa yang mengarah pada kecelakaan mobil tragis yang merenggut nyawa Putri Diana, rekannya Dodi Fayed, dan sopir mereka di terowongan Paris.

Kisah kematian Diana yang masih berbalut misteri, membuat banyak orang penasaran. Banyak kisah fiksi mengenai kejadian ini bermunculan.

7. Diana: The Witnesses in the Tunnel


Diana: The Witnesses in the Tunnel
ITN Factual

Film ini mengajak para penonton melihat secara mendalam foto-foto terakhir Diana, Putri Wales, pada malam dia dan Dodi al Fayed tewas dalam kecelakaan mobil di Paris. Para fotografer yang mengejar Diana sempat menyaksikan peristiwa tragis tersebut.

8. Diana


Diana
Ecosse Films

Selama dua tahun terakhir hidupnya, Putri Diana sempat menjalin hubungan dengan beberapa pria. Selain Dodi Al Fayed, Diana juga sempat menjalin cinta rahasia dengan ahli bedah jantung Pakistan Hasnat Khan.

9. Diana, Our Mother: Her Life and Legacy


Diana, Our Mother: Her Life and Legacy
HBO

"Diana, Our Mother: Her Life and Legacy" menampilkan Pangeran William dan Pangeran Harry secara terbuka mengungkapkan kenangan mengenai ibu mereka, mendiang Diana, Putri Wales. Di sini, Pangeran William dan Harry juga sempat menyebutkan mereka terpukul dan tak bisa menerima kematian Diana.

10. Diana: In Her Own Words


Diana: In Her Own Words
1895 Films

Film dokumenter ini menggunakan rekaman yang dibuat Putri Diana untuk buku yang ditulis oleh Andrew Morton. Dalam film dokumenter ini Diana menceritakan kehidupannya dan beberapa kejadian di sekitarnya, termasuk kegiatan sosialnya.

You can share this post!

Related Posts