Upacara Pra Natal di Vatikan Dibatalkan Akibat COVID-19
Dunia
Pandemi Virus Corona

Demi menekan penyebaran virus corona (COVID-19) yang tengah menggila beberapa waktu terakhir, Paus Fransiskus memutuskan untuk meniadakan upacara pra Natal yang digelar tahun ini di Vatikan.

WowKeren - Paus Fransiskus memutuskan untuk meniadakan upacara pra Natal yang digelar tahun ini di Vatikan. Keputusan ini diambil untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Hal ini kami lakukan untuk menghindari resiko penularan (COVID-19) akibat berkumpulnya pengunjung (Vatikan)," ujar pernyataan pers Vatikan dilansir dari Reuters, Selasa (1/12).

Peniadaan upacara pra Natal tersebut menjadi yang pertama dalam sejarah. Sejak 1953, belum pernah sekalipun seorang Paus meniadakan upacara pra Natal di Vatikan.

Sejatinya, jika upacara tahun ini tak ditiadakan, maka Paus Fransiskus akan memimpinnya pada 8 Desember nanti. Pegunjung Vatikan biasanya akan memadati jalanan pada momen tersebut, ikut berdoa dengan Paus Fransiskus agar diberkati.


Pihak Vatikan melanjutkan bahwa Paus Fransiskus akan melakukan hal lain untuk menggantikan upacara pra Natal. Disebutkan akan ada pelayanan secara privat, dimana paus akan mendoakan warga vatikan dan orang-orang di seluruh dunia kepada Bunda Maria sebagai gantinya.

Di luar upacara tersebut, sejumlah penyesuaian pun akan dilakukan terkait kegiatan-kegiatan Natal di Vatikan. Sebagai contoh, jumlah pendatang pada kegiatan Urbi et Orbi (pemberkatan kepada Vatikan dan dunia) akan dibatasi.

Selain itu, jumlah jemaat yang boleh masuk ke St.Peter Basilica pada misa Natal juga dibatasi. Pihak Vatikan memastikan bahwa momen tersebut akan ditayangkan secara luas, via internet streaming dan siaran televisi.

Sejumlah pembatasan yang dilakukan Vatikan beralasan. Beberapa hari terakhir, orang-orang di sekitar Paus Fransiskus dinyatakan tertular COVID-19. Salah satu dari mereka bahkan tinggal di bangunan yang sama dengan Paus Fransiskus.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts