Piringan Hitam Vinyl Baek Yerin Terjual Paling Banyak Di 2020, Lampaui BLACKPINK dan Crush
Musik

Peningkatan penjualan piringan hitam K-Pop juga terlihat dalam daftar best seller. Lagu 'Every Letter I Sent You' milik Baek Yerin berada di nomor 1 piringan hitam paling laris tahun ini.

WowKeren - Vinyl piringan hitam telah menjadi barang antik di masa lalu karena bisa membawa kenangan kepada generasi yang lebih tua. Namun, piringan hitam vinyl kini menjadi populer di kalangan anak muda di usia 20-an dan 30-an. Hal ini dibuktikan dengan jumlah penjualan piringan hitam milik Baek Yerin.

Pada 16 Desember, Yes24 menganalisis data penjualan terkait piringan hitam selama tiga tahun terakhir. Terungkap bahwa penjualan tahun ini meningkat 73,1% dibandingkan tahun lalu (dari 1 Januari hingga 2 Desember). Berdasarkan genre, piringan hitam K-Pop terjual 262,4% lebih banyak dari tahun lalu. Piringan hitam pop meningkat 53,1%, sementara LP musik klasik meningkat 8,8%.

Peningkatan penjualan piringan hitam K-Pop juga terlihat dalam daftar best seller karena delapan dari sepuluh piringan hitam teratas yang terjual paling banyak tahun ini semuanya dari genre K-Pop. Lagu "Every Letter I Sent You" milik Baek Yerin berada di nomor 1 piringan hitam paling laris tahun ini.

Piringan Hitam Vinyl Baek Yerin Terjual Paling Banyak Di 2020, Lampaui BLACKPINK dan Crush

Allkpop


Edisi terbatas album 2.000 piringan hitam itu terjual habis setelah pre-order dimulai pada bulan Mei lalu. Piringan hitam reguler juga mencatat penjualan pre-order sebanyak 13.000 eksemplar.

Lainnya, "With HER" dari Crush dan "Rendezvous" milik Lim Hyun Sik masing-masing berada di posisi kedua dan ketiga. Album vinyl milik penyanyi Lee So Ra "Eyebrows" juga menerima banyak cinta dari para penggemar karena telah terjual habis sejak dirilis. Album tersebut dikatakan memiliki lagu "The Wind Blows," yang dimasukkan dalam album CD asli yang dirilis pada tahun 2004.

Grup idol BLACKPINK (Black Pink) juga menjual habis versi vinyl dari "The Album" yang merupakan album full-length pertama mereka, segera setelah pesanan dimulai. Mereka yang berusia 30-an membeli piringan hitam K-Pop paling banyak dengan 31,7%, diikuti oleh mereka yang berusia 20-an (21,2%) dan yang berusia 40-an (19,7%).

Pria diketahui membeli lebih banyak daripada wanita, karena 61% orang yang membeli piringan hitam vinyl adalah pria. Menurut Yes24, "Piringan hitam vinyl, yang perlahan menghilang di era streaming, kembali lagi seiring generasi milenial dan generasi Z mencari tren retro. Industri musik juga merilis berbagai piringan hitam vinyl untuk menyasar generasi muda".

Yes24 juga memperkirakan bahwa pasar vinyl akan terus berkembang di masa depan. Bukan tanpa alasan, hal ini karena berbagai artis dengan fandom berusia 20-an dan 30-an sedang bersiap untuk merilis album mereka tahun depan.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait