Jokowi Tegaskan 1 Syarat Pulihkan RI dari Pandemi COVID-19 Pada 2021, Apa Itu?
Nasional

Presiden Joko Widodo meyakini Indonesia bisa pulih dan kembali bangkit pada tahun 2021 mendatang selama mampu memenuhi persyaratan penting berikut ini. Apa itu?

WowKeren - Dalam beberapa jam tahun akan berganti menjadi 2021. Perlu resolusi yang jelas demi mengarahkan perjalanan tahun 2021 dengan lebih baik, termasuk dalam upaya memulihkan Indonesia gegara diguncang pandemi COVID-19.

Hal itulah yang coba disampaikan Presiden Joko Widodo lewat video sambutannya yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (31/12). Pada kesempatan itu, Jokowi mengakui bahwa tahun 2020 merupakan masa yang penuh dengan ujian berat.

"Pandemi COVID-19 mengakibatkan krisis kesehatan dunia dan krisis perekonomian dunia yang melanda 215 negara," ujar Jokowi. Bukan cuma dari segi jumlah kasus positif dan kematian yang ditimbulkan, tetapi juga krisis perekonomian seperti kehilangan pekerjaan.

Kondisi ini pun tak luput dialami Indonesia. Namun demikian Jokowi menilai Indonesia tetap bisa tegak menjalankan roda kehidupan dan beradaptasi dalam menghadapi wabah.

Jokowi pun optimis tahun 2021 bahwa Indonesia mampu bangkit dan melakukan banyak inovasi. "Pemulihan perekonomian setahap demi setahap telah membaik, mulai terasa di Kuartal III dan IV tahun 2020," tuturnya.


Meskipun kondisi perekonomian Indonesia mulai pulih dan digadang-gadang mampu menyediakan jauh lebih banyak lapangan pekerjaan ke depannya, masalah Indonesia tak berakhir sampai di situ. Justru ada satu persyaratan penting yang mesti dipenuhi agar Indonesia benar-benar pulih dari wabah COVID-19 dan dampak yang mengiringi. Apa itu?

"Ada satu syarat. Ada satu syarat terpenting yang harus kita kerjakan untuk mencapai pemulihan ini," katanya. "Kita harus berhasil mengatasi pandemi COVID. Kita harus mampu menghentikan wabah ini segera."

Karena itulah pemerintah akan terus bekerja keras mengendalikan wabah COVID-19, termasuk dengan menggelar vaksinasi mulai Januari 2021. Namun yang terpenting tentu saja adalah kontribusi masyarakat untuk ikut mengendalikannya.

"Semua orang, semua orang harus disiplin. Taatilah protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan," tegas Jokowi.

"Jangan lengah, jangan menganggap remeh," pungkasnya. "Dengan kesehatan masyarakat yang pulih, kepercayaan dunia meningkat, maka pemulihan ekonomi akan terjadi di tahun 2021."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru