Riset Sebut Tri Rismaharini Jadi Wali Kota 'Top Person' dalam Pemberitaan COVID-19
Nasional
COVID-19 di Indonesia

I2 menyebut sorotan tertinggi media massa tertuju pada Risma yang saat itu menjabat wali kota. Hal ini terkait isu tingginya kasus corona dimana Surabaya bahkan sempat berstatus zona hitam

WowKeren - Indonesia Indicator (I2) melaporkan hasil riset mereka yang bertajuk "Wali Kota/Wakil Wali Kota dalam Isu COVID-19". Dalam laporannya, I2 menyebut jika mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai wali kota terpegah (top person) dan tervokal (top influencer), dalam pemberitaan isu COVID-19 di media online sepanjang 2020.

"Sepanjang 2020, Tri Rismaharini dalam isu COVID-19 diekspose media sebanyak 15.917 berita," kata Direktur Komunikasi I2 Rustika Herlambang dilansir Antara, Senin (4/1).

I2 menyebut jika sorotan tertinggi media massa tertuju pada Risma yang saat itu menjabat Wali Kota Surabaya. Hal ini terkait isu tingginya kasus corona di Surabaya, dimana Kota Pahlawan bahkan sempat berstatus zona hitam penularan COVID-19. Sebagai wali kota Risma memang tidak tinggal diam.

Segala upaya dilakukannya untuk membalikkan kondisi hingga penularan di Surabaya berangsur berkurang. Kini, Risma telah menjabat sebagai Menteri Sosial. Risma yang kini menjabat Mensos juga melakukan intervensi kesehatan lingkungan.


Hal itu dilakukan dengan memberdayakan masyarakat untuk membuat masker, sabun cair, hingga usaha untuk membangkitkan ekonomi masyarakat melalui UKM, UKBM, dan Koperasi Wanita.

Melanjutkan hasil risetnya, I2 menyebut jika posisi kedua Wali Kota Terpegah ditempati Firdaus MT Wali Kota Pekanbaru dengan 9.286 berita. Lalu disusul dengan Bima Arya Wali Kota Bogor dengan 9.265 berita, Akhyar Nasution Wali Kota Medan dengan 8.961 berita.

Sementara itu, nama Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo juga masuk dalam peringkat sepuluh besar. Ia menduduki peringkat keenam. "Aspek positif yang memunculkan harapan bagi warga kota ini adalah pemberitaan media tentang FX Hadi Rudyatmo yang siap divaksin pertama," kata Rustika.

Kembali ke Risma, I2 juga menempatkannya sebagai Wali Kota Tervokal (Top Influencer) dalam pemberitaan isu COVID-19 di media dengan 47.998 pernyataan. "Dalam hal ini, posisi top influencer, adalah posisi sebagai subjek pemberitaan, yang proaktif dan dikutip oleh media. Khususnya dalam hal penanganan dan strategi kebijakan yang dilakukan," tambahnya.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts