Dapat keluhan Soal Akses Jalan, Mensos Tri Rismaharini Serahkan Rp 100 Juta ke Warga Suku Baduy
Instagram/trirismaharini01
Nasional

Tri Rismaharini memantau perkembangan rumah bantuan Kemensos untuk warga Baduy korban kebakaran tahun lalu. Risma sekaligus menyerahkan bantuan Rp 100 juta untuk pembangunan akses jalan.

WowKeren - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mendatangi warga suku Badui di Desa Kanekes, Kabupaten Lebak, Banten. Kedatagan Risma awalnya untuk Selain untuk mengetahui dari dekat proses pembangunan rumah bantuan Kemensos. Ia pun menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan para tokoh adat.

Dari percapakan itu, Risma pun akhirnye memberikan bantuan Rp 100 juta bagi warga suku Badui. Pasalnya, saat berbincang, Kepala Desa Kanekes, Jaro Saji mengeluhkan soal akses jalan yang tak memadai.

"Ya, kira-kira apa yang bisa dibantu?," kata Mensos kepada warga setempat dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/1) mengutip dari Antara.

Jaro Saij selaku Kepala Desa pun menyatakan merasa tidak enak dengan tamu yang datang ke kampungnya termasuk dengan Risma dan rombongan. Hal itu karena akses menuju kampung Badui berupa jalan setapak dan hanya beralas tanah sehingga licin dan berbahaya saat hujan. Ia pun mengusulkan perbaikan jalan tersebut.


"Kalau bisa dibantu bu. Kami bisa beli material untuk memperkeras jalan. Supaya lebih nyaman dilintasi warga," kata Jaro. "Berapa biayanya? Berapa meter itu panjangnya? Saya kasih sekarang bisa ya uangnya," balas Risma.

Jaro belum bisa memperkirakan berapa panjang dan lebar jalan yang akan dibangun. Setelah berdiskusi sebentar dengan staf, Mensos langsung menyerahkan bingkisan dalam kantung plastik dan menyerahkannya kepada Jaro. Di hadapan para tokoh, pejabat pemerintah yang hadir dan warga kampung Badui, Jaro membuka isi tas yang berisi uang sebesar Rp100 juta.

Sebelumnya, Kemensos juga telah memberikan bantuan pembangunan rumah setelah insiden kebakaran yang menghanguskan 24 rumah warga Badui pada Oktober tahun 2021 lalu. Kemensos mengucurkan bantuan total Rp1.001.000.000. Dari 24 rumah yang dibantu, saat ini proses pembangunan sudah selesai sebanyak 18 unit rumah.

Dalam kesempatan itu tokoh Badui seperti Jaro dan Mursid menyampaikan ucapan terima kasih kepada Risma atas bantuan yang telah diberikan.

"Terima kasih atas bantuan ibu. Sudah jauh-jauh datang dari Jakarta ke kampung Badui. Sampai di sini memberikan bantuan," pungkasnya.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait