Sri Sultan Hamengku Buwono X Tak Akan Disuntik Vaksin Corona Sinovac Karena Ini
Nasional
Vaksin COVID-19

Setidaknya ada 15 tokoh DIY yang akan divaksin corona perdana di Bangsal Kepatihan Pemda DIY pada 14 Januari mendatang. Mereka terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh percontohan lain.

WowKeren - Indonesia tengah bersiap memulai program vaksinasi virus corona (COVID-19) pekan ini. Namun demikian, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X tidak akan ikut disuntik vaksin corona bersama pejabat lain di Kepatihan Pemda DIY pada 14 Januari 2021 mendatang.

Alasannya adalah usia Sultan yang sudah melebihi batas penggunaan vaksin corona buatan Sinovac. "Sinovac ini adalah vaksin yang dalam uji trial untuk usia 18-59 tahun, kalau Ngarso Dalem, yuswa-nya (usianya) sudah di atas itu," terang Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie pada Senin (11/1).

Sebagai informasi, Sultan kini telah berusia 74 tahun. Menurut Pembajun, Sultan baru akan menerima vaksin corona usai ada vaksin khusus untuk lansia, sesuai dengan rekomendasi tenaga ahli.

"Jadi atas saran rekomendasi para tenaga ahli ya, beliau nanti pada saatnya ada vaksin khusus untuk lansia," jelas Pembajun. "Tidak boleh menerima vaksin Sinovac."


Meski tidak ikut menerima vaksin corona perdana, Sultan dijadwalkan tetap menghadiri kegiatan vaksinasi pada 14 Januari 2021 mendatang. Nantinya, Sultan akan memberi dukungan kepada pejabat lain yang divaksin, seperti Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X hingga Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji.

"Beliau (Sultan) akan hadir dan memberikan support pelaksanaan itu," ungkap Pembajun. Setidaknya ada 15 tokoh DIY yang akan divaksin pada 14 Januari mendatang.

Belasan orang tersebut terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh percontohan lain. Pembajun juga termasuk pihak yang akan menerima vaksin corona pertama di DIY.

"Rencananya vaksinasi perdana yang melibatkan para tokoh masyarakat, agama, dan tokoh percontohan kita sebut tokoh vaksinasi perdana akan dilaksanakan 14 Januari di Bangsal Kepatihan," papar Pembajun. "Besok banyak yang berkenan di DIY. Pak Wagub berkenan, Pak Sekda, beberapa tokoh agama, perwakilan organisasi profesi, Polda, Korem."

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo dijadwalkan mendapat suntikan vaksin COVID-19 perdana pada 13 Januari 2021 mendatang. Namun Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang telah berusia 77 tahun tidak akan menerima suntikan vaksin corona Sinovac, sama seperti Sultan.

(wk/Bert)


You can share this post!

Related Posts