Ma'ruf Amin Disebut Tunggu Vaksin Corona Buatan Pfizer, Ini Alasannya
Twitter/Kiyai_MarufAmin
Nasional
Vaksin COVID-19

Diketahui, Jokowi akan disuntik menggunakan vaksin virus corona (COVID-19) buatan Sinovac pada 13 Januari 2021 mendatang. Vaksinasi Jokowi ini nantinya akan disiarkan secara langsung.

WowKeren - Presiden Joko Widodo dijadwalkan mendapat suntikan vaksin virus corona (COVID-19) pada 13 Januari 2021 mendatang. Jokowi akan disuntik menggunakan vaksin corona buatan Sinovac yang telah didatangkan ke Tanah Air sejak akhir 2020 lalu.

Namun demikian, Wakil Presiden Ma'ruf Amin tidak akan ikut disuntik vaksin corona bersama Jokowi. Hal ini rupanya berkaitan dengan usia Ma'ruf yang telah mencapai 77 tahun. Sedangkan vaksin corona Sinovac hanya bisa digunakan untuk usia 18-59 tahun.

"Enggak (divaksin bersama Jokowi). Vaksin itu kan khusus umur 58 tahun ke bawah toh, khusus Sinovac," ungkap Juru Bicara Wapres Ma'ruf, Masduki Baidlowi, dilansir Kumparan pada Selasa (5/1). "Kalau Abah (Ma'ruf) kan nunggu dulu vaksin berikutnya yang bisa dimungkinkan secara umur di atas 58 tahun. Jadi itu kan pemerintah sedang mengikhtiarkan yang Insya Allah pada bulan April itu akan datang."


Kala ditanya apakah vaksin corona yang akan diberikan untuk Ma'ruf adalah produksi Pfizer, Masduki pun membenarkan. "Iya yang itu (Pfizer). Ya kan banyak merek lah yang dikirim, yang diikhtiarkan pemerintah Indonesia yang datang setelah Sinovac itu, dan itu setelah dilakukan uji klinis terhadap orang-orang di atas umurnya 58 ya bisa gitu," terang Masduki.

Sebagai informasi, vaksin corona buatan Pfizer memang bisa digunakan untuk orang berusia lanjut. Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang berusia 78 tahun bahkan telah mendapat suntikan vaksin corona Pfizer pada 21 Desember 2020 lalu.

"Abah kan sekarang umurnya 77. Jadi vaksin yang kayak orang-orang di atas kepala 6 semuanya kan cukup banyak itu," ungkap Masduki. "Itu akan divaksin itu termasuk Wapres."

Sebagai informasi, vaksin corona Pfizer telah mendapat izin penggunaan darurat (EUA) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pemerintah Indonesia juga akan menggunakan vaksin corona Pfizer dalam program vaksinasi nasional ini. Rencananya, vaksin Pfizer baru akan tiba di Indonesia pada kuartal III 2021.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts