Tak Hanya Bayi Tabung, Zaskia Sungkar Juga Mesti Jalani Operasi Geser Rahim Untuk Hamil
Instagram/zaskiasungkar15
Selebriti

Kehamilan Zaskia Sungkar memasuki usia 5 bulan. Perjuangan Zaskia dan Irwansyah untuk mendapatkan buah hati tercurahkan dalam channel YouTube Ussy Andhika Official.

WowKeren - Butuh waktu cukup lama bagi pasangan suami istri Zaskia Sungkar dan Irwansyah untuk bisa mendapatkan anak. Terhitung, 10 tahun pasca pernikahannya, kini Zaskia Sungkar tengah mengandung bayi. Usia kehamilan Kia, sapaan Zaskia, sudah memasuki trimester kedua.

Jalan panjang yang harus ditempuh Kia dan sang suami dibagikan dalam channel YouTube Ussy Andhika Official. Rupanya Kia sempat menjalani program inseminasi saat usia pernikahannya dengan Irwansyah berjalan 3 tahun.

"Aku pernah inseminasi, cuman enggak pernah bilang sama orang sama sekali," buka Kia. "Insem tahun 2013, 3 tahun setelah menikah itu."

Program kehamilan yang Kia jalani itu pun gagal. Diketahui Kia melakukan proses inseminasi di rumah sakit yang sama dengan program bayi tabung kemarin, yakni di RSIA Bunda Menteng.

"Nah gagal kan. Ya di Indonesia, di tempat yang sama aku IVF ini," ujar Kia. "Karena itu rejeki-rejekian juga."

Inseminasi dan IVF merupakan dua program kehamilan yang berbeda. Inseminasi adalah salah satu program hamil dengan menggunakan metode injeksi sperma secara langsung ke rahim. Sementara IVF (In Vitro Fertilization) oleh orang awam sering disebut sebagai program bayi tabung.


Kia yang mengalami kegagalan saat sekali program kehamilan secara medis itu akhirnya tidak ingin mempermasalahkan. Kia dan Irwansyah lantas kembali menikmati kebersamaan berdua hingga traveling ke luar negeri.

Saking enjoy menjalani kehidupan berdua bersama pasangan, membuat Kia dan Irwansyah sempat berujar pasrah bila harus menua berdua tanpa anak. Keduanya mengaku ikhlas bila tidak diizinkan memiliki momongan.

"Kalau Allah takdirin kita enggak dikasih, ya udahlah," tutur kakak dari Shireen Sungkar itu. "Ya udah ikhlasin aja ya. Kita harus ikhlas."

Sebelum menjalani bayi tabung, Kia mesti menjalani operasi hingga 3 kali. Kia juga menjalani operasi geser rahim. Akibatnya, perempuan keturunan Arab-Minang itu perlu waktu hingga satu bulan penuh untuk bisa pulih kembali.

"Operasi waktu itu di Malaysia, endometriosis ya dibersihin gitu-gitu. Terus operasi polip rahim," cerita Kia. Irwansyah kemudian memotong perkataan Kia. Irwansyah berujar bahwa istrinya itu juga harus melalui operasi open surgery untuk membenarkan posisi rahimnya.

"Istilah gampangnya rahimnya dimajuin gitu lho," jelas Kia. "Aku pernah kayak gitu, dan itu belum proses IVF."

Proses tersebut diakui Kia amatlah terasa sakit. Ia bahkan sempat berdoa agar Allah menghapus segala dosanya melalui rasa sakit yang dirasakan kala itu. Perjuangan tersebut akhirnya berbuah manis. Kia kini tengah menanti anak pertama yang diketahui usia kandungannya sekitar 5 bulan.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait