15 Juta Bahan Baku Vaksin Sinovac Mendarat di Soetta, Siap Diproses Bio Farma
Nasional

Kedatangan bahan baku vaksin Sinovac ini ditinjau langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.

WowKeren - Perusahaan Sinovac asal Tiongkok mengirimkan sebanyak 15 juta bahan baku vaksin corona ke Indonesia. Belasan juta dosis bahan baku vaksin ini tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Selasa (12/1) sekitar pukul 12.30 WIB.

Kedatangan bahan baku vaksin Sinovac ini ditinjau langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo. Dalam kesempatan tersebut, Doni dan Yaqut memasuki ruang kokpit pilot Garuda Indonesia yang mengangkut bahan baku vaksin tersebut dan mengucapkan terima kasih kepada kru pesawat.

"Makasih perjuangannya, untuk kehidupan dan keselamatan Indonesia," tutur Doni dalam siaran yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden. Ini merupakan ketiga kalinya Sinovac mengirimkan vaksin corona ke Tanah Air.

Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin corona Sinovac siap pakai pertama kali masuk ke Indonesia pada 6 Desember 2020 lalu. Kemudian disusul oleh 1,8 juta dosis vaksin corona Sinovac yang datang pada 31 Desember 2020 lalu. Dan kini belasan juta bahan baku vaksin corona Sinovac juga turut mendarat di Indonesia.


Sebelumnya, kedatangan 15 juta bahan baku vaksin Sinovac ini telah disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Menurut Budi, bahan baku tersebut nantinya akan diproses oleh Bio Farma hingga menjadi vaksin siap pakai.

"Ini akan bisa diproses oleh Bio Farma dalam jangka waktu satu bulan," terang Budi Gunadi, dikutip Kontan, Senin (11/1). "Sehingga nanti di awal Februari kita sudah punya 12 juta vaksin jadi dari 15 juta bahan baku."

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dijadwalkan mendapat suntikan vaksin corona Sinovac pertama pada Rabu (13/1) besok. Namun, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menegaskan nama-nama tokoh dan pejabat yang akan divaksin bersama Jokowi besok masih belum final.

Sebelumnya, beredar nama-nama pejabat, tokoh, hingga influencer yang disebut juga akan mendapat suntikan vaksin corona pertama kali. Namun Nadia mengatakan bahwa informasi yang memuat nama-nama itu bukan merupakan rilis resmi dari Kemenkes.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru