Ratu Elizabeth Kirim Pesan Khusus untuk Joe Biden Sebelum Pelantikan Presiden AS
Getty Images
Dunia
Pelantikan Presiden AS 2021

Pelantikan Presiden Joe Biden ini adalah untuk ketiga belas kalinya bagi Ratu Elizabeth melihat pemerintahan puncak Amerika Serikat berpindah tangan selama masa jabatannya.

WowKeren - Joe Biden resmi dilantik sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat pada Rabu (20/1) waktu setempat. Begitu pula dengan wakilnya, Kamala Harris, yang turut mencetak sejarah sebagai Wakil Presiden wanita pertama di AS.

Sejumlah pemimpin dunia pun turut memberikan ucapan selamat atas pelantikan Presiden dan Wakil Presiden AS tersebut. Tak terkecuali pemimpin monarki Inggris, Ratu Elizabeth II.

Selama ini, Ratu Elizabeth memang dikenal menjalin hubungan baik dengan pemerintah AS. Sesuai dengan tradisi itu, Istana Buckingham telah mengonfirmasi bahwa Ratu telah mengirim pesan pribadi kepada Joe Biden sebelum pelantikannya pada Rabu (20/1).

Sementara isi pesan tersebut belum dapat dikonfirmasi, pesan tersebut dikabarkan merupakan salah satu ucapan selamat kepada Joe Biden. "Sang Ratu mengirimkan pesan pribadi pada Presiden Biden pagi ini, sebelum pelantikan. Istana Buckingham telah mengonfirmasi," demikian tulis salah satu reporter Kerajaan Inggris, sebagaimana dilansir dari Marie Claire.

Meskipun Ratu secara historis menganggap posisinya sebagai netralitas politik dan jarang berkomentar tentang para pemimpin Amerika, hal tersebut tak lantas menunjukkan bahwa sang Ratu tidak menjalin hubungan baik dengan para Presiden yang menjabat.


Di sisi lain, pelantikan Presiden Joe Biden ini adalah untuk ketiga belas kalinya Ratu melihat kantor puncak AS berpindah tangan selama masa pemerintahannya, dan dia secara pribadi berinteraksi dengan hampir semua Presiden yang pernah memegang posisi.

Ratu Elizabeth bukan satu-satunya bangsawan yang mengirimkan ucapan selamat kepada Biden. Grand Duke of Luxembourg juga mengirim pesan, menawarkan "ucapan selamat yang tulus" atas pelantikan, menambahkan bahwa ia berharap "untuk melanjutkan dan memperkuat hubungan jangka panjang dan persahabatan yang dalam antara kedua negara kita."

Sebagai informasi tambahan, Biden dan Harris dilantik di Gedung Capitol dengan dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk sederet musisi yang menyanyi di acara tersebut seperti Lady Gaga, Jennifer Lopez, hingga Justin Timberlake.

"Saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia menjalankan tugas sebagai Presiden Amerika Serikat, dan akan dengan kemampuan terbaik saya melestarikan, melindungi, dan membela Konstitusi Amerika Serikat," kata Biden saat mengucap sumpahnya sambil memegang alkitab.

Biden memenangkan pemilu dengan raihan lebih dari 81,28 juta suara popular atau 51,3 persen. Sementara itu, Trump meraih 74,2 juta suara popular atau 46,8 persen.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts